Jakarta (pilar.id) – Penumpang kereta api mengeluhkan proses pembayaran refund yang cukup lama. Setidaknya dibutuhkan waktu satu bulan lebih untuk proses mencairkan dana refund.
“Ya walaupun dibayar 75 persen. Tapi butuh 40 hari kerja,” kata salah seorang penumpang Tubagus Singgih, di Jakarta, Minggu (8/5/2022).
Tubagus menceritakan, dirinya sempat melakukan proses refund hingga 2 kali sebelum Idul Fitri 2022. Meskipun cukup mudah, namun proses pencairan dana refund juga harus melalui loket.
“Refundnya masih harus ke loket. Sebaiknya bisa refund melalui aplikasi seperti Traveloka atau KAI Acsess,” kata Tubagus.
Pria yang berprofesi sebagai guru di Bogor, Jawa Barat ini baru saja tiba dari perjalanan mudiknya. Ia menumpang kereta api Argo Sindoro dari Pekalongan menuju Jakarta.
“Tiketnya Rp350 ribu,” katanya.
Tubagus mengapresiasi kinerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang cukup baik dalam menyambut arus mudik dan balik Idul Fitri
2022. Bahkan ia mudah menemukan tiket meski membelinya H-1 keberangkatan.
“Pelayanan ok. Terutama pembelian tiket mendadak. Alhamdulillah masih ada walaupun premium,” kata dia.
Tubagus menceritakan, awalnya dirinya ingin menggunakan angkutan bus. Namun, melihat harga tiketnya cukup mahal, niatan tersebut ia urungkan. “Biasanya Rp90 ribuan, tapi ini jadi Rp400 ribuan,” kata dia.
Untuk diketahui, KAI mencatat ada sebanyak 39.579 pelanggan yang akan tiba di Jakarta pada hari ini. Jumlah tersebut, turun 1 persen dibandingkan kedatangan pada 6 Mei sebanyak 39.803 pelanggan.
Syarat Pembatalan Tiket KA
Terkait proses pembatalan tiket keretaapi, pihak PT KAI memberlakukan beberapa syarat yang tertuang di laman web mereka. Berikut syarat dan ketentuan pembatalan online tiket kereta api yang berlaku.
- Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
- Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
- Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
- Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
- Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
- Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
- Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat [email protected]. (ach/hdl)