“3 Indonesia berusaha untuk menjadi lebih dari sekedar penyedia layanan telekomunikasi dan terus menerus mengeksplorasi berbagai kesempatan agar kami dapat memberi dampak berarti bagi pelanggan kami,” jelas Chief Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia, Dolly Susanto.
Experian memahami kebutuhan 3 Indonesia secara jelas, dengan PowerScore yang telah membuktikan kapabilitas analitiknya untuk menyediakan insight berkualitas tinggi dengan data alternatif yang memungkinkan ekosistem perusahaan lending menjangkau lebih banyak masyarakat di Indonesia.
“Kami yakin kapabilitas 3 Indonesia menyediakan jangkauan jaringan yang kuat akan membantu masyarakat unbanked mengakses produk finansial yang semakin banyak, khususnya layanan yang disediakan lewat telepon seluler. Jaringan kami tersedia di lebih dari 37.000 desa, 4.000 kecamatan, dan 377 kabupaten di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok. Kami sangat antusias dengan kemitraan kami dengan Experian sebagai mitra data mereka, dan berharap dapat memperdalam kolaborasi kami di tahun-tahun mendatang,” tambah Dolly.
Menurut Survei Literasi dan Inklusi Finansial Nasional yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan, Indonesia telah mencapai kemajuan penting dalam inklusi keuangan, meningkatkan angka dari sekitar 50 persen pada 2017 menjadi 76,1 persen pada 2019, mengalami kenaikan hampir 40 juta orang.
Di dalam populasi sebesar lebih dari 273 juta tersebut, persentase masyarakat unbanked sebesar 23,9 persen tetap terhitung signifikan.
Terlebih, baru-baru ini pemerintah Indonesia mengungkapkan target pencapaian tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024, dan hal tersebut sebagai landasan pertumbuhan dan stabilitas ekonomi bangsa. Transformasi digital yang telah mempelopori dominasi Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar dan tercepat di kawasan – dapat menciptakan peluang untuk menutup kesenjangan akses keuangan melalui pendekatan berbasis teknologi.