Jakarta (pilar.id) – Aksi heroik seorang petugas pengamanan di Stasiun Pasar Minggu yang berhasil mengamankan seorang pengguna Commuterline yang hendak mengakhir hidupnya di area peron telah menjadi viral dalam beberapa hari terakhir.
“Keberanian dan kepedulian petugas dalam insiden ini mencerminkan nilai-nilai AKHLAK yang sudah menjadi bagian dari budaya seluruh petugas KAI Group. Manajemen terus menekankan kepada seluruh karyawan dan petugas, terutama frontliner, untuk memiliki sikap cepat tanggap, keberanian, dan tingkat kepedulian yang tinggi terhadap keselamatan pelanggan,” ujar VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus.
Kejadian berlangsung pada Sabtu (2/9/2023) ketika petugas pengamanan di Stasiun Pasar Minggu berhasil mengamankan seorang pengguna Commuterline yang berniat melakukan tindakan berbahaya di area peron. Pengguna tersebut awalnya bersama suaminya untuk melakukan perjalanan dengan Commuterline.
Saat suaminya pergi membeli minuman, pengguna tersebut terlihat berdiri di pinggir peron jalur 2 Stasiun Pasar Minggu sambil menggendong anaknya. Petugas pengamanan yang berpatroli di peron 1 dan 2 segera bertindak dengan cepat untuk mengamankan pengguna tersebut dan menyelamatkan nyawa ibu dan anak tersebut.
“Kami sangat bangga dengan M. Ali Sopian Pulungan dan Suharlan atas tindakan heroik mereka. Ini adalah contoh nyata dari komitmen KAI Group untuk memberikan layanan yang lebih dari sekadar transportasi. Keselamatan penumpang kami adalah prioritas utama, dan keduanya telah menunjukkan nilai-nilai tersebut dengan cara yang luar biasa,” kata Joni.
Tindakan heroik M. Ali Sopian Pulungan dan Suharlan mendapat perhatian luas di media sosial dan mendapatkan dukungan serta apresiasi dari masyarakat. Banyak yang menganggap tindakan mereka sebagai inspirasi dan mengakui pentingnya memiliki karyawan yang peduli dan bertanggung jawab serta memegang teguh amanah yang telah diberikan.
Bukti kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI Group tercermin dalam peningkatan volume angkutan penumpang dalam 3 tahun terakhir. Pada 2020, KAI Group melayani sebanyak 186.832.349 penumpang. Pada tahun 2021, jumlah penumpang mencapai 154.537.582 penumpang (terjadi penurunan karena dampak pandemi Covid-19). Namun pada 2022, terjadi lonjakan signifikan dengan melayani sebanyak 284.448.804 penumpang.
“KAI Group berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan yang telah setia menggunakan jasa kami, terutama untuk transportasi kaum urban,” tutup Joni. (hdl)