Jakarta (pilar.id) – Bangtan Sonyeondan atau yang biasa dipanggil BTS telah sukses menggelar konser gratis yang spektakuler bertajuk “Yet to Come in Busan“. Konser yang diselenggarakan di Busan Asian Maid Stadium ini merupakan salah satu bagian dari promosi 2030 Busan World Expo.
Di tengah momen bahagia konser tersebut, Jin secara mengejutkan mengumumkan akan segera merilis single solo. Pengumuman tersebut ia sampaikan jelang akhir konser.
Hal tersebut menandakan ia merupakan anggota kedua BTS yang akan merilis album solo setelah J-Hope. Meski tak memberi tahu kapan single tersebut akan dirilis, ia mengungkapkan akan bekerja sama dengan seseorang dan meminta para Army, sebutan untuk penggemar BTS menantikannya.
“Aku akan merilis album solo setelah J-Hope. Ini bukan album yang seperti biasa, ini sebuah single” ujarnya.
Berdurasi 120 menit, BTS menyajikan penampilan yang memukau dengan lagu pembuka “Mic Drop“, “Run BTS” dan di lanjut dengan lagu berjudul Run. Boygroup beranggotakan tujuh orang ini membawakan total kurang lebih 16 lagu miliknya sejak memulai debut hingga album terbarunya, Proof.
“Aku telah bekerja sama dengan seseorang yang aku sukai. Aku memiliki banyak hal yang dilakukan di masa depan, aku harap kalian menikmatinya,” timpalnya.
Atas pengumuman tersebut para penggemar semakin histeris dan menantikan perilisan solo tersebut sebelum anggota tertua BTS ini melaksanakan kewajiban militernya.
Lebih lanjut, konser Yet To Come in Busan ini ditutup dengan lagu Dynamite serta pertunjukan kembang kembang api. Pertunjukan megah ini ditonton sekitar lebih dari 50 ribu penggemar secara langsung dan 10 ribu orang yang juga menyaksikan konser melalui Live Play di tempat parkir terminal penumpang internasional pelabuhan Busan dan pantai Haeundae.
Sementara itu, penggemar yang tidak dapat hadir di konser gratis tersebut dapat dapat tetap menyaksikan konser melalui tayangan live streaming secara gratis dibeberapa aplikasi seperti Zepeto, Naver dan juga Weverse yang mencapai 49,07 juta.
Sementara di JTBC, Nielsen Korea mengumumkan penayangan konser ini telah mencetak rating 3,251 persen berdasarkan rumah tangga berbayar nasional.
Kata kunci terkait dengan Busan World Expo mencapai 200 ribu bahasan, dan tagar terkait the City sebanyak 9,3 juta. Oleh karenanya, kenaikan ini memuncak sekitar 45 kali lipat dari jumlah yang disebutkan pada tahun 2021.
Hal tersebut menunjukkan besarnya antusiasme para Army atas konser dan pertunjukan tersebut.
Diketahui, pada Juli lalu BTS secara resmi telah diangkat sebagai duta Busan World Expo 2030. Adanya pengangkatan ini menjadi sebuah tanpa dimulainya BTS dalam beraktivitas secara penuh sebagai duta Busan untuk World Expo 2030, tak terkecuali konser yang diselenggarakan pada malam kemarin (15/10/2022). (feb/fat)