Jakarta (pilar.id) – Akhir tahun 2021 lalu, Bank Mandiri meluncurkan layanan digital single access bernama Kopra by Mandiri. Melalui layanan ini, nasabah yang tergabung dalam Kopra by Mandiri bisa melakukan klaim BPJS Kesehatan dan klaim layanan kesehatan terkait Covid-19.
Hingga saat ini, Bank Mandiri, melalui platform Kopra tersebut, telah melakukan penyaluran klaim pasien Covid-19 hingga lebih dari Rp100 trilliun. Penyaluran dan pembayaran klaim Covid-19 tersebut, telah dilakukan kepada 2000 rumah sakit rujukan yang ada di seluruh Indonesia.
“Kami sangat fokus mendukung pemerintah dalam penyediaan layanan Kesehatan terbaik bagi penderita Covid-19,” ujar Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan, di Jakarta, Selasa (3/1/2023).
Selain menyalurkan dana klaim Covid-19, Bank Mandiri juga membantu Rumah Sakit rujukan dalam menyediakan fasilitas percepatan pembayaran dengan tujuan menjaga likuiditas rumah sakit selama periode pandemi. Program fasilitas percepatan pembayaran untuk klaim Covid-19 melalui Kopra by Mandiri telah membantu lebih dari 100 rumah sakit menjaga stabilitas keuangannya di tengah pandemi Covid-19.
“Per September 2022, wholesale digital super platform Kopra by Mandiri telah dimanfaatkan oleh lebih dari 68.000 nasabah wholesale dan pelaku UMKM, termasuk RS dan fasilitas kesehatan lokal, dalam mengakselerasi ekspansi usaha dan mendongkrak pendapatan,” kata Panji.
Dari jumlah pengguna tersebut, Bank Mandiri mencatat volume transaksi pada Kopra by Mandiri hingga September 2022 mencapai 642 juta transaksi. Adapun nilai transaksinya mencapai Rp13.420 triliun.
“Sebagai bank milik pemerintah, kami tentu diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia agar bisa selamat dan bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” kata Panji. (ach/fat)