Jakarta (pilar.id) – Penghargaan prestisius World Branding Awards edisi ke-17 diberikan kepada sejumlah merek ternama dunia sebagai Pemenang Nasional, Regional, dan Global. Dalam ajang World Branding Awards 2023 – 2024 ini, lebih dari 1.500 merek dari 40 negara dinominasikan sebagai Brand of the Year. Dari jumlah yang ada ini kurang dari 200 merek akhirnya meraih gelar pemenang.
Upacara Penghargaan yang diselenggarakan di Istana Kensington, Inggris, ini dihadiri oleh lebih dari 100 tamu dari berbagai negara dan dipandu oleh presenter televisi terkenal, David Croft.
Pemenang global yang mempertahankan keunggulan dan keberhasilan merek mereka di industri masing-masing meliputi Yakult (Jepang), CoCo (Taiwan), LURPAK (Denmark), Marriott International (Amerika Serikat), dan The Body Shop (Inggris).
Para pemenang dari Indonesia yang meraih prestasi luar biasa dalam kategori ini termasuk Bluebird, Frank & Co., Janji Jiwa, Pertamina, dan Sinar Mas Land.
Selain itu, merek-merek seperti Boots (Inggris), Royal Umbrella (Thailand), Sokos Hotels (Finlandia), Fullon Hotels & Resorts (Taiwan), Blacklist Coffee Roasters (Australia), Sukiya (Jepang), dan Spritzer (Malaysia) juga masuk dalam daftar pemenang nasional.
Penghargaan tingkat Regional Tier, yang hanya diberikan kepada 14 merek tahun ini, melibatkan Nippon Rent-A-Car (Jepang), GIG (Kuwait), MR.DIY (Malaysia), M-150 (Thailand), HECOM (Hong Kong), dan VITADAY (Thailand). Semua merek ini terpilih sebagai favorit konsumen di setidaknya empat negara di tiga wilayah atau lebih.
“Acara ini memperingati upaya berkelanjutan yang sangat penting untuk membangun merek unggul. Merek harus membangun citra berkualitas dan tahan lama agar tetap relevan. Ini bukan hanya tentang membangun budaya dan komunitas melalui pemasaran, tetapi juga memastikan bahwa setiap generasi terus menganggap merek tersebut menarik,” ungkap Richard Rowles, Pimpinan World Branding Forum.
Dengan partisipasi lebih dari 150 ribu konsumen di seluruh dunia dalam proses nominasi tahun ini, rata-rata hanya ada 5 merek pemenang di setiap negara. Hal ini menegaskan bahwa meraih World Branding Awards adalah pencapaian yang luar biasa. (hdl)