Jakarta (pilar.id) – Maybank, salah satu mitra perbankan terbesar di ASEAN, mengumumkan investasi strategis di Grup Modalku, pionir platform pendanaan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara.
Investasi ini bertujuan memperkuat sinergi kolaboratif antara Maybank dan Modalku, dengan fokus mendorong inklusivitas keuangan serta menjembatani kesenjangan pendanaan bagi masyarakat luas.
Investasi ini menandai langkah strategis Maybank dalam mengakselerasi inovasi digital di sektor UMKM, sejalan dengan strategi M25+ yang bertujuan mempercepat digitalisasi. Pendekatan ini akan memperluas layanan finansial di dalam dan luar sektor perbankan, dengan fokus pengembangan ekosistem UMKM.
Sejak didirikan pada 2015, Grup Modalku telah menyalurkan lebih dari Rp 63 triliun untuk lebih dari 100.000 bisnis di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Sebagai platform yang telah berizin dan diawasi OJK, Modalku berperan penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.
Dato’ Khairussaleh Ramli, Presiden dan CEO Maybank Group, menyatakan, “Investasi di Grup Modalku menegaskan komitmen kami dalam mendukung UMKM sebagai tulang punggung ekonomi ASEAN. Melalui sinergi ini, kami bertekad membangun ekosistem yang lebih kuat bagi UMKM serta mendorong layanan keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.”
Arthur Adisusanto, Country Head Modalku, menyambut baik kerja sama ini, “Dukungan Maybank memperkuat komitmen kami dalam menyediakan akses kredit bagi UMKM, terutama yang belum terlayani. Kolaborasi ini akan membantu UMKM mengelola tantangan arus kas dan mencapai potensi bisnis mereka.” (mad/hdl)