Jakarta (pilar.id) – Para nasabah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci tetap dapat memperoleh informasi terkait rekening dan transaksi perbankan dengan mudah melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN.
Wahyu Avianto, Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat, menjelaskan bahwa Muamalat DIN tetap dapat digunakan oleh para jemaah haji sebagai nasabah Bank Muamalat meskipun mereka berada di tanah suci. Dengan aplikasi ini, mereka dapat melihat riwayat transaksi, mengirim uang kepada keluarga di tanah air, melakukan pembayaran rutin, dan memperoleh informasi penting lainnya secara real-time.
“Muamalat DIN memungkinkan jemaah haji yang merupakan nasabah Bank Muamalat untuk mendapatkan layanan perbankan penuh 24/7. Mereka dapat melakukan transaksi kapan saja sesuai kebutuhan, bahkan saat sedang menjalankan ibadah haji, tanpa harus terikat oleh jam operasional bank atau kantor cabang di Indonesia,” ungkapnya.
Wahyu juga menjelaskan bahwa fitur pembayaran dalam Muamalat DIN telah sangat lengkap, mulai dari pembayaran rutin seperti listrik, telepon, TV berlangganan, hingga pengisian ulang uang elektronik seperti Gopay, OVO, DANA, ShopeePay, dan LinkAja.
Aplikasi ini juga menyediakan fitur pembayaran untuk BPJS TK dan BPJS Kesehatan, PBB, dan pajak kendaraan bermotor. Para jemaah haji juga dapat melakukan sedekah melalui Muamalat DIN dengan mengakses menu pembayaran Ziswaf dan memilih lembaga penyelenggara.
Selain itu, saat ini Muamalat DIN juga telah dilengkapi dengan fitur unduh mutasi rekening elektronik atau e-statement. Nasabah dapat mengunduh riwayat transaksi hingga tiga bulan terakhir. Fitur ini sangat membantu nasabah, terutama jika mereka perlu melengkapi persyaratan pengurusan visa perjalanan di mana negara tujuan meminta lampiran dalam bentuk e-statement.
Wahyu menambahkan bahwa Muamalat DIN telah dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru, seperti login dengan biometrik dan auto read One Time Password (OTP). Muamalat DIN juga dapat digunakan oleh nonnasabah Bank Muamalat karena menyediakan konten Islami, seperti kalkulator zakat, jadwal salat, dan arah kiblat.
Dalam rangka mendukung ekosistem haji di Indonesia, Muamalat DIN juga menyediakan menu Bank Haji. Di menu tersebut, terdapat fitur pendaftaran haji, pelunasan haji, dan pengecekan nilai manfaat haji terkini.
Muamalat DIN terus berusaha untuk bertransformasi menuju sistem perbankan yang lebih terintegrasi dengan dukungan operasi pintar dan keandalan sistem, sehingga nasabah dapat memiliki pengalaman bertransaksi perbankan yang lebih cepat dan mudah. (usm/hdl)