Jakarta (pilar.id) – Aplikasi MyPertamina berhasil meraih penghargaan di ajang Marketeers OMNI Brands of The Year 2022. Ajang yang diselenggarakan oleh Markeeteers ini merupakan bentuk apreasi kepada brand yang sukses menerapkan pemasaran omnichannel dalam berbagai sisi, seperti produk, kampanye pemasaran, Corporate Social Responsibility, servis, hingga promosi penjualan.
Strategi pemasaran omnichannel dilakukan melalui satu platform yang terintegrasi ke berbagai channel. MyPertamina sebagai mobile apps, dinilai memiliki terobosan dalam mengintegrasikan pembayaran berbagai produk Pertamina secara digital, baik untuk pembelian BBM, LPG, maupun pelumas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.
Selain itu, MyPertamina turut mengkombinasikan berbagai loyalty program yang dinilai mendorong konsumen di Indonesia untuk bertransformasi di era digital.
“Kehadiran aplikasi MyPertamina memungkinkan kami terhubung dengan konsumen secara personal, serta memberikan penawaran dan pengalaman terbaik saat membeli produk BBM berkualitas, LPG, maupun pelumas Pertamina,” ungkap Direktur Perencanaan & Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, yang hadir menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta, pada Selasa (21/6/2022).
Harsono juga menilai, strategi pemasaran omnichannel terbukti efektif mendongkrak performa MyPertamina. Contohnya dalam perhelatan MotoGP seri Mandalika, dimana Pertamina turut mengajak masyarakat untuk dapat menikmati dan meramaikan ajang balap kelas dunia atau yang dikenal dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.
Mulai dari penjualan tiket, promosi dan edukasi penggunaan BBM berkualitas, penjualan merchandise, hingga aktivitas gamification spesial untuk konsumen setia Pertamina.
CEO Marketeers Iwan Setiawan, dalam keterangan resminya mengatakan, sudah saatnya merek menerapkan strategi omnichannel untuk memberikan kepada pelanggan sesuatu yang personal, experiential, sekaligus social. Lebih lanjut menurut Iwan, mengintegrasikan antara online dan offine, sekaligus teknologi dan human touch.
Penerapan omnichannel berhasil membawa dampak positif bagi 18 brand yang memenangkan ajang Marketeers OMNI Brands of The Year 2022. Hampir semua yang menggunakan strategi ini berhasil membukukan pertumbuhan. Tidak hanya dalam pendapatan, namun juga jumlah konsumen hingga peningkatan loyalitas konsumen. (ptr/hdl)