Jakarta (pilar.id) – Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Bank Mandiri mengalokasikan uang tunai sebesar Rp 26 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah. Alokasi ini meningkat 4,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan berlaku selama 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.
SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, Wisnu Trihanggodo, menjelaskan bahwa kenaikan ini dipicu oleh proyeksi peningkatan transaksi pada mesin ATM dan CRM sebesar 3,3 persen.
“Fokus distribusi dana tunai akan diarahkan ke mesin ATM/CRM yang berada di lokasi strategis seperti bandara, terminal, stasiun kereta api, dan destinasi wisata utama,” ungkap Wisnu dalam keterangan resminya.
Bank Mandiri telah mengoperasikan 12.885 mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus. Selain itu, sebanyak 258.000 unit Mandiri EDC telah disiapkan untuk mendukung transaksi selama periode liburan.
Bank ini memperkirakan puncak kebutuhan pengisian uang di ATM terjadi dua hari sebelum Natal dan Tahun Baru 2025. Wisnu juga menambahkan bahwa peningkatan transaksi pada mesin EDC diprediksi akan terjadi saat pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Natal.
Untuk transaksi non tunai, Bank Mandiri mengandalkan Mandiri e-money yang telah mendistribusikan 947.000 kartu melalui jaringan cabang dan mitra merchant.
Tidak hanya itu, layanan digital seperti Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri juga telah disiapkan untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi nasabah. “Livin’ by Mandiri kini dilengkapi fitur lifestyle, yang memungkinkan nasabah membeli tiket pesawat, kereta api, hingga voucher gim dalam satu aplikasi,” jelas Wisnu.
Hingga Oktober 2024, aplikasi Livin’ by Mandiri mencatat 28,1 juta pengguna dengan total nilai transaksi Rp 3.315 triliun dari 3,1 miliar transaksi. Bank Mandiri terus mengedukasi nasabah agar berhati-hati terhadap penipuan, khususnya terkait data pribadi seperti OTP, CVV, dan unduhan file APK palsu.
Sebagai pelengkap, layanan Call Center 14000 dan Live Chat MITA melalui WhatsApp siap membantu nasabah selama periode liburan.
Melalui langkah strategis ini, Bank Mandiri berkomitmen untuk memberikan solusi keuangan yang cepat, aman, dan efisien guna mendukung kebutuhan masyarakat selama libur Nataru. (ret/hdl)