Jakarta (pilar.id) – Beberapa klub sepakbola di Eropa dalam beberapa tahun terakhir mulai melakukan rebrandiang. Salah satu caranya adalah dengan mengubah logo klub. Hal ini sudah dilakukan oleh Juventus yang mengubah logo mereka menjadi lebih sederhana namun modern.
Langkah tersebut kini diikuti oleh klub Itali lain, Fiorentina. Jumat (25/3/2022) Fiorentina resmi mengumumkan logo baru mereka yang akan mulai dipakai pada musim 2022/23 mendatang.
Logo baru yang digunakan Fiorentina masih akan menggunakan bentuk dasar yang hampir mirip dengan logo lama mereka. Bedanya, kali ini mereka memilih bentuk berupa belah ketupat ketimbang perisai layang-layang memanjang.
Warna putih digunakan menjadi warna dasar ditambahkan garis belah ketupat lainnya yang berwarna ungu.
Fiorentina tetap menyematkan simbol fleur-de-lis merah yang merupakan simbol kota Firenze, tetapi di logo baru desain fleur-de-lis dibuat dengan sisi-sisi yang lebih tegas dan tajam ketimbang lekukan melengkung seperti sebelumnya.
Di bawah simbol fleur-de-lis terdapat aksen V berwarna ungu yang mewakili Viola atau kosakata bahasa Italia untuk warna ungu.
Menurut laman spesialis desain jersey dan logo klub sepak bola, Footy Headlines, logo baru Fiorentina dibesut oleh rumah desain FutureBrand. FutureBrand antara lain juga pernah mengerjakan desain logo baru Liga Super Argentina pada 2017.
Selain mengumumkan logo barunya, dalam situs resmi mereka Fiorentina juga merilis Manifesto Klub yang didasari slogan utama “Bermain untuk menjadi Berbeda” atau “Play to be Different“.
Fiorentina saat ini menempati urutan kedelapan klasemen Liga Italia dengan koleksi 47 poin dan hanya terpaut empat poin dari kesempatan untuk bisa kembali tampil di Eropa pertama kalinya sejak 2016/17.
Dalam tiga pertandingan terakhir, Fiorentina punya catatan nirkalah meski hanya menang sekali dan selepas jeda internasional nanti dijadwalkan menjamu Empoli di Artemio Franchi. (fat/antara)