Jakarta (pilar.id) – Hadir di Indonesia sejak 20 tahun lalu, Starbucks terus berupaya jadi perusahaan yang berpusat pada partners, sebutan bagi karyawan, pelanggan dan kopi, membangun hubungan dengan menciptakan budaya kehangatan dan rasa memiliki, rumah ketiga di mana setiap orang akan disambut.
Disampaikan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5/2022), Starbucks bercita-cita untuk menciptakan dampak positif terhadap komunitas yang dilayani dengan berinvestasi dalam kemanusiaan dan kesejahteraan mereka yang terhubung dengan perusahaan.
Baik partners, petani kopi, hingga pelanggan di dalam gerai dan di luarnya. Sejak pembukaan gerai pertamanya di Plaza Indonesia tahun 2002, Starbucks berkembang bersama lebih dari 4.000 partners di lebih dari 480 gerai di 36 kota. Menghadirkan pengalaman Starbucks pada pelanggan di seluruh Indonesia.
Untuk merayakan 20 tahun perjalanannya di Indonesia, PT Sari Coffee Indonesia (SCI), pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, akan memulai perayaan dengan inisiatif untuk mendukung komunitas pertanian di Indonesia dan serangkaian promosi dan penawaran di bulan Mei untuk pelanggan.
Mulai dari Tumbler dan ecobag dengan desain Siren Wave yang spesial untuk hari jadi Starbucks di Indonesia ke-20, hingga penguatan komitmen untuk people, planet and coffee.
“Merayakan hari jadi Starbucks ke-20 di Indonesia, saya merasa bangga dengan pencapaian luar biasa yang telah dicapai bersama dengan partners dan pelanggan dalam menggapai komitmen kami terhadap tiga pilar inti, People, Planet, Coffee,” ungkap Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia (SCI).
Ditambahkan, pihaknya juga ingin mendedikasikan tonggak sejarah ini kepada partners dan pelanggan di setiap langkah untuk bersama, menjadi perusahaan yang positif bagi manusia dan planet.
Sebagai sebuah perusahaan, Starbucks bertujuan untuk menyentuh 1 miliar orang pada tahun 2030. “Di Indonesia, kami berinvestasi dan mendukung pemberdayaan pemuda bersama partners dan petani kopi yang menjadi elemen penting bagi kami,” tambah Anthony.
Tahun 2021, Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) telah menyentuh 1.250 siswa dan program ini akan tetap berkelanjutan dengan dukungan dari Starbucks Foundation.
“Saya tak sabar untuk melihat masa depan Starbucks di Indonesia karena kami terus menciptakan koneksi baru dan memberi dampak positif bagi pelanggan dan komunitas di Indonesia,” harapnya.
Pada tahun 2019, Indonesia merayakan pembukaan satu-satunya Starbucks Dewata Coffee Sanctuary di Bali, yang menghadirkan pengalaman kopi seed-to-cup kepada pelanggan.
Selanjutnya, melalui inisiatif Greener Nusantara, Starbucks telah meluncurkan beberapa program untuk mendukung pengurangan limbah di seluruh Indonesia.
Seperti menghilangkan lebih dari 30 juta sedotan plastik melalui pengenalan tutup tanpa sedotan atau strawless lid di tahun 2020, sepenuhnya beralih ke cold cup yang dibuat dengan rPET (recycled polyethylene terephthalate) pada tahun 2021 dan program bulanan Bring Your Own Tumbler di seluruh gerai di Indonesia.
Program daur ulang penting lainnya adalah Grounds for Your Garden, yang menyediakan ampas kopi daur ulang yang berguna untuk menyuburkan tanah secara gratis kepada pelanggan di Indonesia.
Starbucks juga merintis beberapa program ramah lingkungan dalam mengurangi sampah di gerai, termasuk program pengelolaan sampah di Surabaya dan membangun gerai pertama dengan panel surya untuk menyediakan energi baru dengan bertujuan mengurangi konsumsi listrik di Starbucks Drive-Thru Cipondoh, Tangerang.
Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan demi menciptakan dampak positif bagi masyarakat, Starbucks secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang mengangkat komunitas di Indonesia.
Community Store pertama di Tanah Abang, Jakarta, dibuka pada 2020 untuk mendukung penciptaan kesempatan pendidikan bagi kaum muda di area tersebut.
Untuk lebih mendukung pemberdayaan pemuda, SCYEP diciptakan untuk mempromosikan lebih banyak peluang dan mempersiapkan pemuda untuk masa depan dengan lebih baik. Dan sebagai apresiasi terhadap para petugas kesehatan terdepan dalam penanganan wabah Covid-19, lebih dari 50 ribu gelas minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi sejak Maret 2020.
Untuk menandai tonggak penting di Indonesia, Starbucks menegaskan kembali komitmen jangka panjangnya kepada komunitas kopi Indonesia dengan menyumbangkan 40 ribu bibit kopi kepada petani kopi di Sumatera untuk mendukung masa depan kopi yang akan berlangsung pada 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kopi Sedunia di tahun ini.
Sebelumnya sejak 2017, sebanyak 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup bekerjasama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, dan Starbucks berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif bagi komunitas petani di Indonesia. (mia/hdl)