Semarang (pilar.id) – Simak informasi cara daftar dan cek penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 Kemdikbud dengan cara login ke alamat website pip.kemdikbud.go.id, cair Rp 1 Juta untuk pelajar SD, SMP, SMA/SMK.
Ketahui informasi cara daftar dan cek penerima beasiswa PIP 2023 Kemdikbud pada ulasan artikel ini.
Bagaimana cara daftar dan cek penerima beasiswa PIP 2023 Kemdikbud dengan mengunjungu laman pip.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan biaya pendidikan Rp 1 juta.
Nominal beasiswa PIP Kemdikbud ini dapat dimanfaatkan untuk semua jenjang siswa sekolah baik SD, SMP, SMP, SMA hingga siswa kejar paket (A, B, dan C).
Pencairan ini hanya boleh didapat bagi mereka yang belum mengambil beasiswa PIP Kemdikbud tahun 2022, dan bisa diambil tahun 2023.
Kesempatan masih dibuka untuk mencairkan beasiswa PIP.
Aktivasi rekening PIP atau Simpel masih berlanjut atau diperpanjang hingga tanggal 31 Januari 2023.
Adapun bank penyalur yang ditunjuk untuk mencairkan bantuan PIP Kemdikbud dan aktivasi rekening ialah Bank BRI, BNI dan BSI.
Cara Daftar:
Tahap pertama dengan cara daftar menjadi penerima bantuan PIP Kemdikbud 2023, dengan mengajukan nama terlebih dahulu ke pihak sekolah atau dinas pendidikan terkait.
Untuk cek nama penerima bantuan PIP Kemdikbud pakai NISN melalui link pip.kemdikbud.go.id.
Ikuti langkah di bawah ini;
– Buka laman pip.kemdikbud.go.id
– Setelah terbuka, maka akan muncul kolom ‘Cari Penerima PIP’
– Isi data NISN, tanggal lahir, bulan, dan tahun, serta nama Ibu Kandung
– Klik cari, kemudian informasi mengenai penerima dapat dilihat.
Selain itu untuk nominal setiap jenjang siswa sekolah berbeda, berikut rincian dana yang didapat siswa:
1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.
Perlu diketahui bila nominal bantuan PIP Kemdikbud bisa berbeda untuk tiap wilayah tergantung kebijakan yang ada.
Untuk cara aktivasi rekening PIP sebelum mencairkan bantuan dapat diketahui melalui bank penyalur BRI (untuk SD dan SMP) BNI (untuk SMA dan SMK).
Membawa beberapa persyaratan dokumen untuk pencairan bantuan PIP seperti dokumen penting berikut:
Dokumen yang Diperlukan
– Membawa surat keterangan aktivitas rekening SimPel PIP dari Kepala Sekolah
– Membawa KTP/ KK/ Surat Domisili orang tua atau wali
– Mengisi formulir pembukaan rekening SimPel PIP dari BRI/BNI
Setelah aktivasi rekening PIP berhasil, nantinya siswa akan mendapatkan buku tabungan SimPel dan kartu debit yang bisa digunakan saat akan mencairkan dana bantuan PIP Kemdikbud. (daz)
1 Komentar
minta bantuan soal kartu pip yg udah moninasi pak