Surabaya (www.pilar.id) – Tiba-tiba ada member menulis di laman reviw IMDb. Pemilik nickname renatasgw ini mengaku, ia bukan anti Blackpink. Ia justru suka pada kelompok vokal perempuan Korea Selatan bentukan YG Entertainment ini. Tapi memindah imaji music icon ke layar sinema, sejatinya bukan persoalan mudah.
“Jangan salah paham, saya suka Blackpink tapi ini sangat mengecewakan! 90 persen dari film ini adalah salinan The Show. Tidak ada konten baru di sini, hanya kekecewaan besar,” tulis renatasgw.
The Show yang ia maksud adalah seri televisi Korea Selatan yang sangat populer. Disajikan dengan konsep All K-Pop, The Show digawangi presenter Yeosang, Kim Yo-han, dan Jihan.
Tayang perdana 15 April 2011, besutan rumah produksi SBS Viacom ini sudah masuk di musim kelima, 276 episode. Saking populernya, The Show, selain disiarkan di SBS MTV dan SBS F!L (Korea Selatan), juga tayang di Fortune TV (Myanmar), MTV Asia (Asia Tenggara), dan TBS (Jepang).
The Show juga menghiasi MTV Rusia (Rusia, Azerbaijan, Armenia, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgizstan, Moldova, dan Tajikistan), MTV France (Prancis, Belgia, Swiss, Monako, dan negara Afrika berbahasa Prancis), dan, tentu saja, THE K-POP (seluruh dunia, melalui live streaming di YouTube).
Lalu minggu pertama Agustus 2021 lalu Blackpink: The Movie dirilis di Korea Selatan. Mengandalkan tangan dingin dua sutradara, Oh Yoon-dong dan Jung Su-yee, dan diperankan langsung oleh anggota Blackpink, Kim Ji-soo, Jennie Kim, Roseanne Park, dan Lalisa Manoban.
Sebelumnya lagi, pertengahan Juni 2021, YG Entertainment merilis info, Blackpink: The Movie sebagai bagian dari proyek ulang tahun debut kelima Blackpink, yang dijuluki “4+1 PROJECT”.
Bukan hanya pandemi Covid-19 yang menenggelamkan film ini. Tapi juga jadwal rilis antar negara yang terlalu lebar. Bayangkan, rilis perdana 4 Agustus 2021, di Indonesia baru 13 Oktober 2021, mengiringi jadwalnya di negara-negara lain seperti Thailand dan Malaysia.
Tetap Box Office
Apapun, Blackpink: The Movie tetap mencuri perhatian. Terbukti, dalam proses rilis di lebih dari 100 negara dan 3.000 bioskop di seluruh dunia, respons yang muncul pun layaknya pementasan musikal Blackpink itu sendiri.
Pertama, jika dihitung hingga Oktober 2021, dari 3000 bisokop yang akan menayangkan, nantinya akan membengkak jadi 4.200 setelah dirilis di Asia Tenggara.
Kedua, dalam lima hari, film ini sudah dinikmati 500 ribu pemirsa global. Di antaranya, Meksiko, Amerika Serikat, Turki, Brasil, dan Jepang. Ya, di waktu yang berbeda, angka ini memang jadi biasa. Tapi sepanjang Covid-19, 500 ribu adalah jumlah istimewa.
Di Korea Selatan, film ini mampu mengundang penjualan 5.420 tiket dan meraup 62.483 Dollar AS dari 6 hingga 8 Agustus untuk menempati posisi ke sembilan di box office akhir pekan. Secara keseluruhan, dari tanggal 4 hingga 9 Agustus film ini mencatat total pendapatan hingga 134.412 Dollar AS.
Ketiga, Oktober 2021 beberapa bioskop di Indonesia sudah mulai dibuka. Dan Anda, putra-putri Anda, bisa jadi mulai tak sabar menunggu aksi Blackpink di layar sinema.