Jakarta (pilar.id) – Huawei mengadakan acara Huawei Cloud E-commerce Summit di Jakarta, Indonesia, dengan tema ‘Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce dengan Huawei Cloud’.
Acara ini dihadiri oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) serta lebih dari 100 perusahaan e-commerce, layanan pembayaran, dan logistik.
Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) adalah wadah bagi para pelaku e-commerce di Indonesia. idEA berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce, meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang e-commerce.
Diskusi mendalam seputar perkembangan e-commerce di Indonesia dan peluang baru yang ditawarkan oleh teknologi cloud menjadi fokus utama dalam acara tersebut.
Huawei Cloud bersama mitra-mitranya memperkenalkan rangkaian solusi end-to-end (E2E) dan praktik terbaik untuk pengembangan situs web e-commerce, akuisisi pengguna, penempatan pesanan selama masa promosi, serta logistik dan distribusi.
Para pimpinan industri, eksekutif perusahaan, dan ahli teknis memberikan pandangan mereka melalui pidato yang inspiratif.
Budi Primawan, Wakil Ketua idEA, membahas perkembangan e-commerce di Indonesia. Ia menyoroti potensi pasar yang besar di Indonesia, didorong oleh jumlah penduduk yang tinggi dan tingkat pertumbuhan yang pesat.
Menurut Budi Primawan, untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, perusahaan e-commerce harus memanfaatkan teknologi digital cloud untuk meningkatkan daya saing dari segi “orang”, “barang”, dan “saluran”.
Huawei Cloud menawarkan sejumlah solusi untuk mendukung kebutuhan tersebut. James Tan, Solution and Sales Director, Huawei Cloud APAC, menyatakan, solusi e-commerce yang ditawarkan oleh Huawei Cloud bertujuan untuk membantu perusahaan e-commerce mencapai tingkat pertumbuhan baru.
“Kami telah bekerja sama dengan IDOL GROUP untuk memberikan wawasan 360° yang komprehensif tentang kelompok konsumen, sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi strategi penjangkauan pelanggan,” terang Budi.
Dikatakan pula, pihaknya telah mendukung VMALL dalam membangun platform yang dinamis, fleksibel, dan responsif untuk menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa selama periode promosi.
“Selain itu, kami telah membantu CARRO mengembangkan berbagai model inovatif untuk meningkatkan tingkat konversi pelanggan,” tambahnya.
Dukungan dari Huawei Cloud telah membantu banyak pelaku e-commerce dalam mempercepat pertumbuhan bisnis mereka melalui penggunaan teknologi cloud. CARRO, dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Huawei Cloud, telah mengembangkan model 160 Point Inspection yang inovatif.
Bryan Tan, Chief Datascientist di CARRO Group dan CEO CARRO Indonesia, menjelaskan, CARRO telah mengembangkan model inovatif berbasis AI Huawei Cloud yang disebut 160 Point Inspection, yang berhasil memangkas waktu deteksi mutu mobil hingga 80 persen.
“Dengan cara ini, kami dapat melakukan inspeksi mobil secara akurat, otomatis, cepat, dan profesional,” tegasnya.
SIRCLO, dengan menggunakan layanan cloud native dari Huawei Cloud, telah meningkatkan kemampuan dalam pengembangan situs web omnichannel.
Seperti dikatakan Muliadi Jeo, CTO SIRCLO, pihaknya berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk meningkatkan kemampuan SIRCLO dalam aktivasi dan operasional niaga omnichannel.
“Bersama, kami mengeksplorasi inovasi-inovasi terkini, seperti mesin pencarian generasi terbaru, layanan pelanggan virtual dengan tingkat presisi tinggi, dan kecerdasan buatan (AI),” katanya.
Selain itu, Huawei Cloud juga memberikan manfaat besar bagi SiCepat dalam memperbaiki operasi logistik dan meningkatkan efisiensi.
SiCepat, salah satu perusahaan logistik ekspres terkemuka di Indonesia, mengakui manfaat dari dukungan Huawei Cloud. Dijelaskan Reska Donaga, VP of Product, SiCepat Ekspres Indonesia, SiCepat berkomitmen untuk menggunakan teknologi digital guna meningkatkan pengalaman pengguna dan layanan yang ada.
“Kami berusaha untuk menjadi mitra jasa pengiriman nomor satu bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia dengan menghadirkan produk yang lebih baik serta mengoptimalkan operasional, pengiriman, dan infrastruktur,” janjinya.
Sebagai perusahaan teknologi global, Huawei Cloud telah bekerja sama dengan mitra e-commerce di seluruh dunia untuk membangun ekosistem e-commerce yang dapat mengatasi batasan-batasan dalam setiap proses bisnis. Tim layanan global Huawei Cloud siap membantu pelaku e-commerce dalam beralih ke layanan cloud.
Acara konferensi ini menyajikan momen-momen berkesan. Dalam sesi diskusi panel yang dipandu oleh Budi Primawan, perwakilan pelanggan dan eksekutif Huawei Cloud terlibat dalam diskusi mendalam mengenai tren perkembangan e-commerce dan kontribusi teknologi cloud.
Di akhir konferensi, Huawei Cloud Virtual Human, Sara, mengumumkan peluncuran proyek Joint Innovation Camp. Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh eksekutif Huawei Cloud, idEA, dan Lazada.
Joint Innovation Camp menawarkan platform untuk menjelajahi tren-tren terbaru dalam industri e-commerce, berbagi pengalaman manajemen, serta meningkatkan pemahaman teknis.
Ke depan, Huawei Cloud akan terus berinvestasi dalam riset dan pengembangan untuk mempertahankan keunggulan inovasinya di industri e-commerce. Perusahaan ini juga akan terus bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia dalam mendorong pertumbuhan baru di sektor e-commerce dan mendukung perkembangan industri e-commerce Indonesia secara stabil dan sehat. (hdl)