Jakarta (pilar.id) – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor resmi kendaraan Mazda di Indonesia, secara resmi memperkenalkan SUV terbaru mereka, yaitu All-New Mazda CX-60. Peluncuran ini bertujuan untuk melengkapi line-up Mazda yang terus fokus menggarap pasar mobil premium di Indonesia.
All-New Mazda CX-60 hadir dengan fitur-fitur terbaru yang belum ada sebelumnya dalam produk Mazda yang dipasarkan di Indonesia. Dengan tampilan elegan, performa tinggi, dan ramah lingkungan, mobil ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan berkendara yang dinamis bagi para penggemar SUV kelas premium di tanah air.
All-New Mazda CX-60 dibangun dengan filosofi Jinba-Ittai, yang telah dipersembahkan dengan lebih sempurna oleh para insinyur Mazda sebagai The Perfect Jinba-Ittai. Filosofi ini menekankan pada hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi.
Konsep Jinba-Ittai telah berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara dan berhasil menarik perhatian para pecinta mobil di seluruh dunia. Spirit Jinba-Ittai juga telah menjadi pondasi bagi Mazda dalam mengembangkan berbagai model kendaraan, khususnya dalam hal keselamatan dan kenyamanan.
“Desain Mazda CX-60 menggambarkan cerminan budaya Jepang yang unik. Melalui filosofi Jinba-Ittai yang telah dipersembahkan dengan lebih sempurna oleh para insinyur Mazda, All-New Mazda CX-60 menjadi mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai, menciptakan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan,” jelas Managing Director dari PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio.
Ia menambahkan, fokus Mazda tidak hanya pada aspek estetika semata, tetapi juga pada DNA Mazda yang menekankan harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar.
Mazda, kata dia, juga menganggap pengalaman berkendara sebagai sebuah hubungan simbiosis dengan lingkungan sekitar.
“Seperti mengapresiasi karya seni dari seorang seniman berbakat, Mazda merasa sebagai karya dari para Takumi, yang menjadikan Mazda sebagai Japanese Mastery Car. All-New Mazda CX-60 adalah contoh nyata yang mencerminkan semangat ini, yaitu Truly Mass-Craftsmanship, Crafted in Japan,” imbuh Ricky Thio.
Ideologi Jinba-Ittai yang diterapkan pada All-New Mazda CX-60 dinilai berhasil meningkatkan pengalaman dan kenikmatan berkendara pada setiap perjalanannya.
Kaligrafi Jepang
Dengan menghadirkan tarikan desain khas Kodo dari Mazda, All-New Mazda CX-60 tampil dengan eksterior yang elegan dan memukau, dengan perpaduan cahaya dan bayangan alami yang menciptakan tampilan premium yang cantik dan dinamis.
Inspirasi dari elemen organik dan gerakan kaligrafi Jepang terlihat dalam lekukan bodi All-New Mazda CX-60, yang dirancang dengan halus dari bagian bawah hingga bagian atas untuk menyatukan keindahan alam dan pengendara mobil.

Salah satu keunggulan All-New Mazda CX-60 adalah kesan Noble Toughness dalam desain eksteriornya. Konsep Noble Toughness menggabungkan keunikan dan keanggunan desain Kodo dengan chassis SUV berpenggerak roda belakang.
Pada bagian depan, terdapat side signature baru dengan emblem INLINE 6 yang menegaskan bahwa All-New Mazda CX-60 adalah SUV dengan performa berkendara yang luar biasa.
Mengusung mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged, dan dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System), All-New Mazda CX-60 mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dan torsi 450 Nm. Selain memberikan performa maksimal, mesin ini juga menawarkan efisiensi bahan bakar yang baik.
Desain Kodo yang diperbarui pada All-New Mazda CX-60 dipadukan dengan ketangguhan arsitektur SUV berlayout FR (front engine, rear wheel drive). Di pasar Indonesia, tersedia satu varian platform roda penggerak, yaitu All Wheel Drive (AWD) dengan setelan i-Activ yang mendukung pergerakan seluruh roda saat mobil bergerak.
Tampilan elegan All-New Mazda CX-60 juga terlihat dari jahitan Kakenui hingga trim kulit nappa pada interior bangkunya, serta paduan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin yang kontemporer.
Kontrol kendaraan disajikan secara ergonomis di bagian tengah, menciptakan kesan ruang yang tenang, luas, dan canggih untuk kenyamanan dan keharmonisan saat berkendara.
“All-New Mazda CX-60 mengutamakan pengemudi, dengan para insinyur Mazda berupaya menciptakan setiap aspek yang memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, aman, dan mudah bagi pengemudi dan orang-orang yang mereka cintai,” tambah Ricky Thio.
Selain itu, Ricky Thio juga menyebutkan bahwa Mazda telah menyematkan teknologi terbaru dalam All-New Mazda CX-60. Salah satunya adalah Driver Personalization System, yang secara otomatis mengatur posisi mengemudi Jinba-Ittai khas Mazda berdasarkan data tinggi badan pengemudi.
Sistem ini mencakup penyesuaian posisi kursi, setir, spion samping, dan heads-up display, serta menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system, dan sistem keselamatan aktif i-Activsense.
All-New Mazda CX-60 juga dilengkapi dengan fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), yang memungkinkan penggantian mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan. Mode ini dapat diubah dari Normal ke Sport hingga Off-road, sesuai dengan kebutuhan pengemudi.
Mazda juga menyematkan Kinematic Posture Control (KPC) untuk memberikan pengalaman berkendara yang stabil dan meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Transmisi 8-speed automatic terbaru pada All-New Mazda CX-60 juga memberikan distribusi tenaga yang merata dan meningkatkan pengalaman berkendara.
All-New Mazda CX-60 hadir dalam dua edisi di pasar Indonesia, yaitu Kuro Edition dan Elite Edition. Diharapkan teknologi dan performa yang dihadirkan, yang tetap mempertahankan karakter desain elegan dan aksen aerodinamis pada sisi samping mobil, dapat memberikan kesan sporty dan elegan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, khususnya bagi customer dengan karakter Independent Achiever. Harga All-New Mazda CX-60 ditawarkan mulai dari Rp 1.188.800.000 On-The-Road Jakarta. (hen/hdl)