Jakarta (pilar.id) – PT Angkasa Pura (AP) I (persero) mencatat bahwa pada periode Januari-Juni 2023, mereka telah melayani sebanyak 33.114.666 pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola.
Jumlah ini menunjukkan tingkat pemulihan atau recovery rate AP I sebesar 87 persen jika dibandingkan dengan periode semester I-2019 sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai 37.899.691 penumpang.
Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, menyatakan bahwa tingkat pemulihan penumpang juga disertai dengan pertumbuhan pergerakan pesawat udara dan kargo sepanjang semester I-2023.
AP I telah melayani 274.906 pergerakan pesawat, dengan recovery rate sebesar 82 persen dibandingkan periode semester I-2019 yang mencapai 337.350 pergerakan. Selain itu, AP I juga telah melayani 223.473 ton pergerakan kargo, dengan recovery rate sebesar 103 persen dibandingkan periode semester I-2019 yang mencapai 216.332 ton.
Faik Fahmi menjelaskan bahwa tingginya trafik di 15 bandara AP I selama periode semester I-2023 disebabkan oleh beberapa faktor, seperti arus mudik dan balik Lebaran, angkutan haji, serta adanya long weekend yang cukup banyak, yang meningkatkan minat masyarakat untuk berlibur.
Faktor tersebut didukung oleh kemudahan persyaratan perjalanan udara yang ditetapkan oleh Pemerintah, baik untuk penerbangan rute domestik maupun internasional.
Ia juga mengungkapkan bahwa pergerakan penumpang pada periode semester I-2023 terbagi menjadi 26,3 juta penumpang rute domestik dan 6,7 juta penumpang rute internasional, dengan recovery rate masing-masing mencapai 90 persen dan 80 persen dibandingkan periode semester I-2019.
Sementara itu, pergerakan pesawat udara terbagi menjadi 234.945 pergerakan rute domestik dan 39.961 pergerakan rute internasional, dengan recovery rate masing-masing mencapai 81 persen dan 82 persen dibandingkan periode semester I-2019.
Adapun pergerakan kargo terdiri dari 201.162 ton kargo domestik dan 22.311 ton kargo internasional, dengan recovery rate pergerakan kargo domestik sebesar 128 persen dan kargo internasional sebesar 37 persen.
Pada tahun ini, AP I menargetkan dapat melayani 68 juta penumpang. Dengan melihat hasil trafik penumpang hingga pertengahan tahun ini, perseroan semakin optimistis bahwa target ini dapat tercapai hingga akhir tahun.
Faik Fahmi menambahkan bahwa paruh kedua tahun ini, terutama saat musim liburan negara-negara di belahan bumi utara dan musim dingin di Australia, angkutan debarkasi Haji, penyelenggaraan MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Mandalika, serta libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), diharapkan dapat memberikan kontribusi trafik yang tinggi dalam enam bulan ke depan. (ted)