Jakarta (pilar.id) – Penumpang kereta api mengeluhkan proses pembayaran refund yang cukup lama. Setidaknya dibutuhkan waktu satu bulan lebih untuk proses mencairkan dana refund.
“Ya walaupun dibayar 75 persen. Tapi butuh 40 hari kerja,” kata salah seorang penumpang Tubagus Singgih, di Jakarta, Minggu (8/5/2022).
Tubagus menceritakan, dirinya sempat melakukan proses refund hingga 2 kali sebelum Idul Fitri 2022. Meskipun cukup mudah, namun proses pencairan dana refund juga harus melalui loket.
“Refundnya masih harus ke loket. Sebaiknya bisa refund melalui aplikasi seperti Traveloka atau KAI Acsess,” kata Tubagus.
Pria yang berprofesi sebagai guru di Bogor, Jawa Barat ini baru saja tiba dari perjalanan mudiknya. Ia menumpang kereta api Argo Sindoro dari Pekalongan menuju Jakarta.
“Tiketnya Rp350 ribu,” katanya.
Tubagus mengapresiasi kinerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang cukup baik dalam menyambut arus mudik dan balik Idul Fitri
2022. Bahkan ia mudah menemukan tiket meski membelinya H-1 keberangkatan.
“Pelayanan ok. Terutama pembelian tiket mendadak. Alhamdulillah masih ada walaupun premium,” kata dia.
Tubagus menceritakan, awalnya dirinya ingin menggunakan angkutan bus. Namun, melihat harga tiketnya cukup mahal, niatan tersebut ia urungkan. “Biasanya Rp90 ribuan, tapi ini jadi Rp400 ribuan,” kata dia.
Untuk diketahui, KAI mencatat ada sebanyak 39.579 pelanggan yang akan tiba di Jakarta pada hari ini. Jumlah tersebut, turun 1 persen dibandingkan kedatangan pada 6 Mei sebanyak 39.803 pelanggan.