Jakarta (pilar.id) – PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan permohonan maaf atas terjadinya gangguan operasional perjalanan KA Pangrango yang melintasi rute Bogor-Sukabumi akibat longsor di jalur rel antara Stasiun Cicurug dan Maseng.
Kejadian longsor terjadi pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.00 WIB, setelah tim prasarana KAI di lapangan melaporkan bahwa sepanjang 15 meter jalur rel menggantung dengan kedalaman 3 meter.
Demi menjaga keselamatan dan keamanan, KAI Daop 1 Jakarta memutuskan untuk membatalkan satu perjalanan KA Pangrango pada Jumat (30/6/2023) dengan keberangkatan pukul 19.55 dari Bogor, serta seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi (PP) pada Sabtu (1/7/2023).
Berdasarkan data pemesanan tiket, terdapat 2.514 tiket yang telah terjual untuk keberangkatan pada tanggal 1 Juli 2023. Calon penumpang yang telah membeli tiket dan terdampak pembatalan akan mendapatkan pengembalian dana tiket secara penuh melalui proses pembatalan yang dapat dilakukan di Stasiun Bogor dan Sukabumi. Informasi mengenai pembatalan juga telah disampaikan melalui pesan singkat kepada nomor kontak yang tercantum saat pembelian tiket.
Adapun untuk tiket KA Pangrango dengan keberangkatan pada Jumat (30/6) pukul 19.55 dari Bogor yang terkena pembatalan, hingga pukul 22.00 WIB sudah tercatat sekitar 60 tiket yang telah dibatalkan. Proses pembatalan dapat dilakukan dalam waktu 7 hari ke depan, dan penumpang yang telah membeli tiket tidak diharuskan untuk melakukan pembatalan pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan.
Saat ini, tim prasarana Daop 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub terus melakukan upaya perbaikan pada jalur rel yang terkena dampak longsor, dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan.
Informasi mengenai perjalanan KA Pangrango pada Minggu, 2 Juli 2023, akan diumumkan lebih lanjut melalui media informasi resmi KAI dan di seluruh stasiun lintas Bogor-Sukabumi.
Masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai perjalanan KA Pangrango dan proses pembatalan tiket dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email [email protected], atau melalui media sosial @KAI121. (ret/hdl)