Jakarta (pilar.id) – Selain harus berbuat baik, lingkungan kerja sering kali menuntut kita untuk berperilaku sempurna. Salah satunya adalah melakukan segala pekerjaan dengan cepat dan sebaik mungkin. Tapi ada hal-hal esensial yang seharus sudah tidak penting untuk ditanyakan lagi. Agar pesona kalian tetap terjaga.
Penelitian bahasa tubuh menyiapkan beberapa aspek penggunaan bahasa yang baik. Jika kalian sudah melalukan hal berikut tanpa sadar, bisa jadi anda memang orang yang hebat.
1. Jangan Memulai dengan ‘Apa kabar?’
Kata berbasa-basi itu sering kali kita dengar dan digunakan untuk memulai percakapan. Namun, sebaiknya ketika bertemu fokuslah terlebih dahulu pada hal di sekitar. Misalkan dengan memuji tas, baju atau lainnya, itu semua akan jauh menimpulkan kesan simpati kepada anda.
2. Cobalah untuk Berbicara Lebih Awal dalam Rapat
Saat dalam pertemuan bisnis, jangan menunggu seseorang menanyakan sesuatu, apalagi jika anda seorang kariawan biasa. Mulailah dengan diskusi bersama dengan teman samping tempat duduk, agar tidak kehilangan kesempatan untuk diakui.
Lempar topik penting yang memang harusnya dibahas pada hari itu, tapi minimalkan terlihat sombong. Penting untuk memahami tema yang dibahas agar tidak terlihat hanya basa-basi saja.
3. Banyak Bertanya
Dalam sebuah pertemuan apa pun mengajukan banyak pertanyaan akak dianggap lebi responsif, mengerti, dan peduli.
Misalnya seorang kolega baru bergabung dengan tim. Lebih baik jika tidak mengabaikannya, tetapi lakukan percakapan dengan beberapa pertanyaan tajam yang dapat membangun komunikasi baik dan produktif di antara berdua.
4. Atur Wawancara di Hari Selasa Pukul 10:30
Memang beberapa orang percaya tidak ada hari baik dan buruk, semuanya bisa saja sama saja. Namun, disarankan untuk tidak memilih hari Senin dan Jumat karena orang biasanya tidak fokus pada hari-hari itu. Menurut para ahli pakailah hari Selasa.
Jadilah kandidat pertama, karena lelahnya memilih karyawan membuat HRD kadang merasa bosan. Usahakan untuk mengambil pertemuan pada jam 10.00 dan 11.30.
5. Pilih Baju Biru dan Hitam, Lewati Warna Oranye
Menurut 2.099 manajer perekrutan, biru dan hitam adalah warna terbaik untuk dikenakan saat wawancara kerja dan oranye adalah yang terburuk.
Oranye adalah warna yang terlalu keras. Jika tidak suka warnanya anda bisa menggunakan warna putih, warna itu bagus untuk kemeja karena dianggap terorganisir dengan baik. (put)