Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) berkomitmen untuk mendukung kelancaran logistik nasional selama momen Idul Fitri 1446 H.
Dengan meningkatnya permintaan pengiriman barang melalui KALOG Express, perusahaan telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan layanan tetap optimal.
Hingga hari ke-19 Ramadan, KAI Logistik telah melayani pengiriman barang retail mencapai sekitar 3.300 ton, terdiri dari:
- Paket barang: 151.073 koli atau setara 2.500 ton
- Sepeda motor: 4.865 unit atau setara 780 ton
- Komoditas lain: Hewan, elektronik, dan tanaman
Volume pengiriman diprediksi akan mencapai puncaknya dua minggu sebelum dan dua minggu setelah Idul Fitri, dengan potensi lonjakan hingga 20 persen.
Kapasitas Pengiriman Naik 59 Persen
Manager of Marketing & Sales Courier KAI Logistik, Ayi Suryandi, menyatakan bahwa perusahaan telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi, termasuk:
- Diskon Promo pengiriman sepeda motor hingga 25 persen
- Peningkatan kapasitas harian hingga 350 ton (naik 59 persen dari tahun lalu)
- Pengoperasian KA ONS Selatan untuk mengakomodasi peningkatan permintaan
Selain itu, optimalisasi armada trucking dan layanan distribusi juga dilakukan guna mempercepat mobilitas dan memperluas cakupan layanan bagi pelanggan.
Digitalisasi dan Kemudahan Akses Layanan
Dalam menyambut puncak pengiriman, KAI Logistik juga memperkuat layanan digitalnya melalui:
- Perawatan dan penguatan sistem teknologi informasi
- Optimasi aplikasi KAI Logistik TRAX untuk pemesanan dan pelacakan barang secara real-time
- Cek tarif dan status pengiriman melalui website kalogistics.co.id, aplikasi Access by KAI, dan KAI Logistik TRAX
“Selama libur Lebaran, layanan KALOG Express akan berhenti beroperasi pada 30 Maret hingga 1 April 2025. Kami mengimbau pelanggan untuk mengatur jadwal pengiriman agar tidak terjadi penumpukan barang,” ujar Ayi.
Layanan customer service tetap beroperasi selama masa libur guna memastikan kemudahan akses informasi bagi pelanggan.
KAI Logistik terus mengusung tagline “KAI Logistik, ispossible!”, yang mencerminkan komitmen perusahaan dalam memastikan pengiriman yang cepat, aman, dan andal bagi masyarakat Indonesia. (ret/hdl)