Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat puncak libur Natal 2023 pada Jumat, 22 Desember 2023, dengan jumlah penumpang mencapai 183.120 orang yang berangkat menggunakan kereta api jarak jauh dan lokal yang dikelola oleh KAI.
Rinciannya, terdapat 49.223 penumpang kelas eksekutif, 8.282 penumpang kelas bisnis, dan 125.615 penumpang kelas ekonomi.
Dengan okupansi mencapai 109 persen (termasuk penumpang dinamis yang turun naik antara stasiun awal dan tujuan akhir), KAI pada tanggal tersebut menyediakan total 168.756 tempat duduk dengan mengoperasikan 374 kereta api.
VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyatakan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan libur Natal kepada KAI. Joni menilai pelanggan KAI juga telah menikmati layanan dengan tertib selama perjalanan.
Dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19, KAI mengimbau seluruh pelanggan untuk memakai masker dan menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. Joni menegaskan bahwa semua petugas KAI telah divaksinasi, dan sebelum setiap perjalanan, kereta api dibersihkan baik dari segi eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah beroperasi, dilakukan fumigasi di tempat perawatan.
Menyikapi situasi ini, Joni menambahkan bahwa KAI akan selalu mendukung kebijakan pemerintah terkait aturan naik kereta api, terutama yang berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
Pada aspek operasional, Joni memperbarui informasi bahwa pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI. Dengan ketersediaan tiket yang masih cukup banyak, masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik agar dapat menikmati layanan kereta api selama libur Natal dan Tahun Baru. (hen/hdl)