Jakarta (pilar.id) – Industri gim digital terus mengalami pertumbuhan pesat sebagai salah satu sektor yang paling dinamis dan inovatif dalam ranah bisnis digital. Dalam konteks teknologi yang semakin maju dan perubahan perilaku konsumen, bisnis gim digital menghadapi peluang besar.
Dua entitas anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu UPOINT.ID, bagian dari unit bisnis Digital Games Nuon Digital Indonesia (Nuon), bekerjasama dengan Dunia Games Telkomsel, berpartisipasi dalam ajang bergengsi ChinaJoy 2023.
ChinaJoy, sebuah perhelatan tahunan yang diakui sebagai salah satu pameran dan konferensi hiburan digital terkemuka di tingkat global, telah berlangsung belum lama ini.
Selain menjadi platform promosi untuk perkembangan industri berkualitas tinggi, ChinaJoy juga fokus pada pengenalan produk gim online dengan tema berenergi positif. UPOINT.ID dari Nuon dan Dunia Games Telkomsel bergabung dalam perhelatan ini untuk memamerkan layanan produk dari Digital Games, sekaligus merangkul peluang kolaborasi dan pengembangan bisnis.
“Selain sebagai peserta pameran, acara ini memberi kami peluang untuk bertemu langsung dengan pengunjung dan calon mitra. Kami juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menjajaki kerjasama dengan berbagai indie game studio, game publisher, pengembang game besar, dan penyedia layanan pembayaran guna membuka peluang kerjasama dalam pengembangan bisnis,” ujar Dradjat Keesan, Vice President Digital Games Nuon.
ChinaJoy 2023, yang diselenggarakan di Shanghai New International Expo Center (SNIEC), Cina, merupakan pameran gim terbesar di Asia yang menarik ratusan perusahaan hiburan digital dari 22 negara dan wilayah.
Peserta acara melibatkan pelaku industri seperti pengembang game, agensi pemasaran digital, pengembang platform, penyedia layanan pembayaran, dan penerbit gim.
Kehadiran aktif dalam ChinaJoy diharapkan dapat membantu memperluas pasar bagi industri gim yang diwakili oleh Nuon dan Dunia Games Telkomsel.
Selain itu, partisipasi ini juga memberikan wawasan berharga mengenai tren dan kompetisi global dalam industri gim, sekaligus memberikan pemahaman mendalam tentang arah perkembangan pasar yang lebih luas. (mad/hdl)