Jakarta (pilar.id) – Telkom Indonesia terus melangkah maju dengan mengembangkan layanan Next-Generation Digital Connectivity guna menjawab tuntutan perkembangan teknologi dan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.
Dalam menghadapi dampak signifikan dari kemajuan teknologi yang terus berkembang, Telkom aktif mengintegrasikan inovasi dan transformasi digital melalui Divisi Digital Connectivity. Divisi ini berfokus pada pengembangan produk Next-Generation Digital Connectivity dengan tujuan utama meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan Telkom.
Teuku Muda Nanta, EGM Divisi Digital Connectivity Service, menyampaikan bahwa produk Digital Connectivity Telkom saat ini terdiri dari empat jenis layanan, yaitu Communication, Internet, Datacomm, dan Wireless. Layanan-layanan ini, seperti Hosted PBX, Astinet, Indibiz, neuCentrIX, dan wifi.id, telah dikenal luas di masyarakat.
Tidak berhenti di situ, Telkom terus berinovasi dengan melibatkan layanan Next-Generation Digital Connectivity. Layanan ini mengacu pada teknologi konektivitas digital generasi mendatang yang secara signifikan meningkatkan cara perangkat, jaringan, dan sistem berkomunikasi. Hal ini menyediakan transfer data yang lebih cepat, andal, dan efisien.
“Dengan teknologi Next-Generation Digital Connectivity, pelanggan dapat menikmati pengalaman yang lebih baik, termasuk peningkatan kecepatan, latensi yang lebih rendah, kapasitas lebih besar, serta peningkatan ketahanan dan keamanan privasi,” ungkap Nanta.
Sebagai perusahaan teknologi terdepan, Telkom terus mengembangkan produknya, termasuk Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN), Data Center & Cloud Connectivity (neuCentrIX), Mobile Private Network (MPN), Multi-access Edge Computing (MEC), dan Fixed Wireless Access (FWA).
Industri-industri, termasuk sektor perbankan, telah memanfaatkan produk Next-Generation Digital Connectivity. Misalnya, teknologi SD-WAN digunakan untuk menghubungkan kantor pusat dengan ribuan kantor cabang di seluruh negeri. Selain itu, banyak perusahaan yang melakukan digitalisasi dengan menggunakan aplikasi mobile dan perangkat lunak digital yang ditempatkan secara virtual di Data Center & Cloud, memanfaatkan ekosistem lengkap seperti produk neuCentrIX milik Telkom.
Kehadiran produk-produk Next-Generation Digital Connectivity Telkom menjadi bagian dari misi perusahaan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Telkom juga berupaya mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik. (riq/hdl)