Jakarta (pilar.id) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan inovasi kecerdasan buatan (AI) guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melakukan transformasi digital dan mempercepat pertumbuhan bisnis.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyebutkan bahwa teknologi AI membuka peluang besar bagi UMKM untuk berkembang lebih cepat tanpa hambatan geografis.
“Misalnya, UMKM di daerah terpencil seperti Kalimantan yang ingin menjangkau pasar Jakarta tidak perlu merekrut manajer produk secara fisik. Dengan AI, mereka bisa menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya,” ujar Ririek dalam keterangannya, Jumat (28/2/2025).
Tantangan Implementasi AI di UMKM
Meski memiliki potensi besar, penerapan AI masih menghadapi beberapa tantangan, salah satunya kesiapan sumber daya manusia (SDM).
Saat ini, permintaan tenaga ahli AI lebih tinggi dibandingkan ketersediaannya, sehingga banyak organisasi belum siap mengadopsi teknologi ini secara optimal.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Telkom melalui ekosistem Indibiz tengah mengembangkan platform solusi digital berbasis AI guna membantu small and medium enterprise (SME) dalam bertransformasi.
Solusi AI dari Telkom untuk UMKM
Beberapa fitur berbasis AI yang dikembangkan Telkom melalui Indibiz, antara lain AI Chatbot untuk Customer Management System (CRM), Chatbot Apps untuk Customer Service, AI Document Processing untuk Big Data Analytics dan Inventory Management System, dan AI untuk proses rekrutmen tenaga kerja.
Menurut Ririek, pemanfaatan AI yang optimal, bersama dengan pengembangan infrastruktur teknologi informasi, berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 8 persen, sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Presiden RI Prabowo Subianto.
AI untuk UMKM Lebih Luas
OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani, mengungkapkan bahwa Indibiz telah mulai mengimplementasikan AI pada pelanggan di segmen bisnis menengah. Dalam waktu dekat, teknologi ini akan diperluas ke segmen usaha kecil.
“Di tahap awal, kami sudah memetakan AI akan diimplementasikan pada pelanggan segmen menengah. Jumlah penggunaan produk AI juga akan meningkat hingga ke segmen usaha kecil,” kata Reni.
Sejumlah pelanggan di sektor swasta telah merasakan manfaat dari solusi digital berbasis AI yang ditawarkan Telkom melalui Indibiz. Ke depan, Telkom akan terus mengembangkan implementasi AI agar dapat menjangkau lebih banyak UMKM di seluruh Indonesia.
Dengan harga yang terjangkau dan fitur yang sesuai kebutuhan bisnis, solusi AI dari Telkom diharapkan dapat membantu pelaku usaha meningkatkan efisiensi operasional, memperluas pasar, dan bersaing di era digital. (mad/hdl)