Jakarta (pilar.id) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menegaskan komitmennya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan meraih penghargaan ESG Sustainability Ratings 2025 dari CNBC Indonesia.
Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Telkom dalam mengintegrasikan praktik bisnis berkelanjutan di seluruh lini usaha.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Bidang Tata Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Berkelanjutan BPLH, Sigit Reliantoro, dan diterima langsung oleh VP Sustainability Telkom, Gunawan Wasisto Ciptaning Andri, di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta, pada Jumat (31/1/2025).
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza, menyatakan bahwa penghargaan ini mencerminkan keseriusan perusahaan dalam menjalankan prinsip ESG.
“Telkom berupaya memberikan dampak positif tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi lingkungan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan,” ujar Reza dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/2/2025).
CNBC Indonesia menilai Telkom telah memenuhi 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang disusun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Atas inisiatif ESG tersebut, Telkom mendapatkan peringkat “A” dari CNBC Indonesia.
Selain itu, berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), skor ESG Risk Rating Telkom mencapai 28,18 dengan kategori Medium Risk per September 2024. Angka ini lebih baik dibandingkan rata-rata industri telekomunikasi yang berada di 28,67, menandakan risiko Telkom terhadap aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola lebih rendah dibanding kompetitornya.
Telkom juga mendapatkan berbagai pengakuan lain, termasuk:
- Skor “A” dengan predikat Baik dari lembaga rating MSCI pada 2024.
- Skor 91,23 dengan predikat “Sangat Baik” dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk tahun buku 2023.
Program GoZero: Langkah Nyata Telkom Menuju Keberlanjutan
Sebagai bagian dari upaya keberlanjutannya, Telkom mengembangkan program GoZero – Sustainability Action by Telkom Indonesia. Program ini mencakup tiga pilar utama:
- Environmental: Menargetkan net-zero emissions pada 2060, melalui efisiensi energi, penggunaan energi terbarukan, pengurangan emisi, serta pengelolaan limbah dan risiko iklim.
- Social: Mempromosikan keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.
- Governance: Memastikan kepatuhan terhadap tata kelola perusahaan yang baik, etika bisnis, dan regulasi hukum.
“Melalui berbagai program dan aksi nyata, Telkom siap menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang berkontribusi aktif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan global,” tutup Reza. (hdl)