Jakarta (pilar.id) – Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP tinggal menghitung hari. Guna menjamin kualitas layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Terlebih ketika banyak orang akan datang dan menyaksikan MotoGP di Mandalika, NTB. Untuk itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memantau secara intensif kesiapan infrastruktur telekomunikasi menjelang gelaran MotoGP Mandalika. Termasuk melakukan peninjauan kualitas layanan telekomunikasi.
Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan oleh Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.
“Kami TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan gelaran internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan ajang MotoGP kali ini. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan ini juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” ujar Edi.
Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan bahwa timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari ajang World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.
“TelkomGroup telah memiliki lesson learnt pada ajang WSBK beberapa waktu silam. Telah kita lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP,” ujar Herlan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (15/3/2022).
Herlan menambahkan pihaknya menjamin bahwa apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum.
Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk penonton.
Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup.
Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.
Selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit.
Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan gelaran kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.
Diharapkan melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional. Sehingga para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika. (fat/antara)