Jakarta (pilar.id) – Saat mengajukan kartu kredit baru, pemohon biasanya diminta untuk mengisi formulir data pribadi dan menyediakan dokumen pendukung. Setelah itu, proses verifikasi data akan berlangsung, dan pemohon harus siap menjawab beberapa pertanyaan dari analis bank terkait pengajuan mereka.
Dikutip dari laman Cermati Fintech Group (CFG), startup teknologi keuangan, jawaban yang tepat dan jujur sangat penting. Karena salah jawab dapat mengakibatkan penolakan pengajuan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh analis bank selama proses verifikasi data.
Pertanyaan saat Telepon Langsung
Ketika analis bank menghubungi pemohon melalui telepon, beberapa pertanyaan umum yang akan diajukan adalah:
- Konfirmasi niat mengajukan kartu kredit.
- Pengisian dan penandatanganan formulir pengajuan.
- Nama lengkap sesuai KTP.
- Alamat atau domisili lengkap sesuai KTP.
- Tanggal lahir dan tempat kelahiran sesuai KTP.
- Nama gadis ibu kandung.
- Nama perusahaan atau instansi tempat kerja.
- Posisi atau jabatan di tempat kerja.
- Lamanya bekerja di tempat tersebut.
- Nominal gaji bulanan (untuk karyawan) atau pendapatan bulanan (untuk wiraswasta).
- Nama anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.
- Nomor rekening tabungan payroll.
- Jenis kartu kredit yang diinginkan.
Penting untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur sesuai dengan isian formulir. Ketidakcocokan data dapat berpengaruh pada keputusan persetujuan pengajuan.
Pertanyaan saat Menghubungi Rumah
Jika pemohon mencantumkan nomor telepon rumah di formulir, pihak bank mungkin juga akan menghubungi nomor tersebut. Beberapa pertanyaan yang akan diajukan termasuk konfirmasi alamat sesuai dengan formulir, tinggal di rumah tersebut, serta hubungan dengan pemohon kartu kredit (pasangan, anak, adik, kakak, kerabat, atau majikan).
Anggota keluarga yang tinggal di rumah juga perlu diinformasikan agar siap menjawab pertanyaan sesuai isian formulir pengajuan kartu kredit.
Pertanyaan saat Menghubungi Kantor atau Tempat Kerja
Meskipun jarang terjadi, pihak bank mungkin akan menghubungi kantor atau perusahaan tempat bekerja untuk verifikasi data. Ini dilakukan untuk memastikan pemohon benar-benar karyawan di perusahaan tersebut. Informasikan kepada bagian personalia atau HRD perusahaan mengenai kemungkinan adanya panggilan dari pihak bank untuk verifikasi.
Sebagai catatan, pertanyaan terkait gaji umumnya tidak akan diajukan dalam proses verifikasi ini. Pengajuan kartu kredit bisa lebih lancar jika pemohon siap menjawab pertanyaan dengan jujur dan sesuai data yang diisikan dalam formulir. Hindari kesalahan dalam memberikan jawaban agar pengajuan kartu kredit baru dapat disetujui dengan sukses. (ret/hdl)