Jakarta (pilar.id) – Pertumbuhan pariwisata semakin pesat di tahun 2024 dengan semakin bervariasinya pilihan transportasi dan meningkatnya minat terhadap pariwisata berkelanjutan.
Tren ini terungkap dalam webinar Tren Perilaku Wisatawan dan Perjalanan di Indonesia Selama Liburan 2024 yang diselenggarakan oleh tiket.com bekerja sama dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI.
Kegiatan ini menjadi bukti kolaborasi antara tiket.com dan Kemenparekraf RI untuk memajukan pariwisata nasional melalui analisis data yang akurat.
George Hendrata, CEO tiket.com, menyatakan, “Kolaborasi ini bertujuan untuk membaca dan memetakan tren pariwisata demi membantu pemerintah merumuskan kebijakan yang lebih efektif. Dengan data yang akurat, kami yakin sektor pariwisata akan terus berkembang.”
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, juga menyampaikan pentingnya pariwisata berkelanjutan. “Kolaborasi ini sangat membantu kami dalam menetapkan kebijakan berbasis data. Kami terus mengedepankan pariwisata berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas destinasi dan wisatawan.”
Data dari Pusdatin dan tiket.com menunjukkan adanya peningkatan perjalanan pada semester 1 2024. Liburan domestik rata-rata berlangsung 6 hari dengan Bali, Jakarta, Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan sebagai destinasi favorit. Sedangkan untuk wisata internasional, destinasi populer mencakup Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.
Periode liburan nasional seperti Lebaran dan libur sekolah menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemesanan transportasi darat, bus, dan kereta api. Pada liburan panjang, masyarakat cenderung memilih perjalanan lebih lama dan berkualitas.
Gaery Undarsa, Co-Founder & CMO tiket.com, mengungkapkan, “Pemesanan meningkat pada semua produk tiket.com di libur semester 1 2024. Transportasi meningkat 60,6% selama libur Lebaran, dan akomodasi meningkat 43,5% pada musim libur sekolah.”
Selain itu, tiket.com mendukung pariwisata berkelanjutan melalui inisiatif tiket Green dan program Jagoan Pariwisata. Tiket Green memungkinkan wisatawan memilih opsi perjalanan ramah lingkungan, sementara Jagoan Pariwisata mendukung UMKM di desa wisata untuk memaksimalkan potensi pariwisata berkelanjutan.
Dengan meningkatnya minat terhadap wisata budaya, alam, olahraga, dan wisata berkelanjutan, tiket.com terus menghadirkan inovasi produk yang relevan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. (usm/hdl)