Surabaya (pilar.id) – Produk lokal dengan potensi besar kini dapat bersaing di pasar internasional melalui pemanfaatan platform digital yang tepat. David Alfa Sunarna, founder @webekspor dan seorang tech influencer, menekankan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memperluas channel pemasaran produk mereka untuk bersaing di pasar global.
Menurut David, menembus pasar internasional bukanlah hal yang mustahil jika pelaku UMKM memperhatikan kualitas produk, kemasan, legalitas, serta mengoptimalkan website menggunakan Search Engine Optimization (SEO).
“Banyak pebisnis masih menggunakan katalog saat pitching ke klien untuk menjelaskan produknya. Padahal, dengan website, proses ini menjadi lebih fleksibel dan efisien,” ujar David dalam acara Join Insight Indibiz by Telkom.
David juga menawarkan solusi berupa edukasi dan pembuatan website dengan harga terjangkau melalui layanan @webekspor. Program ini dirancang untuk membantu pelaku usaha agar produk mereka mudah ditemukan di Google, sebagai pusat informasi global.
Ia menambahkan, digitalisasi adalah kunci keberhasilan UMKM untuk menjangkau pasar internasional. “Harapannya, tidak ada lagi alasan bagi pelaku bisnis untuk tidak memahami digital marketing, khususnya dalam dunia digital,” ujar David dalam berbagai kesempatan podcast bisnis.
Dengan langkah ini, UMKM diharapkan dapat lebih percaya diri memanfaatkan teknologi untuk memperluas jaringan pemasaran hingga ke pasar global. (hdl)