Jakarta (www.pilar.id) – AirAsia Group mengumumkan penunjukan Colin Currie sebagai Chief Commercial Officer. Penunjukan ini dilakukan demi pengembangan strategi yang fokus pada konsumen berbasis data, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan dan pencapaian target keuangan semua bisnis maskapai dan unit digital yang dimiliki.
Sebelumnya, Currie dikenal sebagai Managing Director Adidas Asia-Pasifik, dan bertanggung jawab atas pasar Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara serta Pasifik.
Ia juga bertanggung jawab menjadikan Adidas sebagai salah satu merek paling ternama, meningkatkan pendapatan perusahaan lima kali lipat di pasar Tiongkok, dan menaikkan pangsa pasar dari posisi keempat menjadi pemimpin pasar dengan bersaing secara head-to-head.
“Saya senang bisa bergabung dengan AirAsia Group untuk membantu menggerakkan kinerja brand dan penjualan, khususnya untuk lini baru bisnis digital, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki,” kata Currie.
Dijelaskan, sejauh ini ia selalu memantau perkembangan AirAsia dinilai luar biasa. “Saya yakin, bersama dengan timnya yang penuh semangat, kami dapat mempercepat dan memperkuat kesuksesan AirAsia sebagai perusahaan teknologi dan gaya hidup digital terkemuka di ASEAN. Ini adalah saat yang tepat untuk bergabung bersama AirAsia dimana revolusi sedang dimulai untuk menyambut era digital,” jelasnya.
Sebelum di Adidas, Currie berkecimpung di industri musik dan hiburan sebagai Managing Director Sony BMG Music. Ia menerima gelar kehormatan Sarjana Manajemen Bisnis Perhotelan dari Universitas Leeds di Inggris. Dia juga memegang diploma pasca sarjana di bidang pemasaran dari Chartered Institute of Marketing Inggris.
Bagi AirAsia Group, keputusan mendatangkan sosok berpengalaman asal Malaysia ini menegaskan komitmen dan fokus strategisnya untuk meningkatkan daya saing pasar lini bisnis barunya, termasuk airasia Super App beserta layanan-layanan e-commerce-nya.
Menanggapi hal ini, CEO AirAsia Group, Tony Fernandes mengatakan, pihaknya senang menyambut kedatangan Colin Currie. Karena kehadirannya dianggap bakal membawa banyak pengalaman dari perusahaan global sebelumnya.
“Kami berharap beliau dapat mendorong integrasi data dalam AirAsia Group untuk mempercepat pertumbuhan pendapatan dan menciptakan sinergi baru di projek-projek terbaru kami,” kata Tony.
Pengangkatan Currie, menurutnya, menunjukan sikap AirAsia bahwa kita akan segera keluar dari Covid-19, dan ini jadi pembuktian terhadap brand. (hdl)