Guangzhou (pilar.id) – Festival Merek China ke-18 berlangsung di Guangzhou pada 7-10 Agustus 2024 dengan tema Kualitas Baru dan Terobosan. Acara ini menarik lebih dari 8.000 peserta dari berbagai industri, dengan hampir 3.000 orang menghadiri upacara pembukaan. Salah satu sorotan utama adalah pengumuman Daftar 500 Merek Global Teratas TopBrand 2024.
Apple kembali menjadi juara bertahan dalam daftar tersebut dengan nilai merek mencapai 1021,728 miliar Dollar AS. Microsoft dan Amazon menyusul di peringkat kedua dan ketiga dengan nilai merek masing-masing 966,932 miliar Dollar AS dan 808,415 miliar Dollar AS.
Nvidia membuat lompatan signifikan dari peringkat 8 ke peringkat 4, sementara Alphabet, Saudi Aramco, Walmart, Berkshire Hathaway, Meta, dan UnitedHealth Group melengkapi 10 besar.
Amerika Serikat mendominasi daftar dengan 187 perusahaan yang menyumbang 37,4 persendari total nilai merek sebesar 16,80 triliun Dollar AS.
China menempati posisi kedua dengan 99 perusahaan dan nilai merek sebesar 6,29 triliun Dollar AS, diikuti oleh Jepang dengan 37 perusahaan bernilai 1,68 triliun Dollar AS.
Perusahaan-perusahaan top dari negara-negara seperti Prancis, Inggris, Jerman, India, dan Australia juga masuk dalam daftar.
Dr. Wang Yong, pendiri Festival Merek China dan ketua TopBrand Union, menjelaskan bahwa daftar ini dihasilkan dari analisis 43.590 merek dari 83 negara, menggunakan metode nilai pasar berdasarkan berbagai faktor seperti skala pendapatan, reputasi, dan daya saing inti.
Bersamaan dengan itu, daftar seperti TopBrand 2024 500 Merek Teratas China dan TopBrand 2024 500 Merek Inovatif Teratas China juga dirilis. (hdl)