Jakarta (pilar.id) – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, bank syariah terkemuka di Indonesia, berhasil meraih 11 penghargaan bergengsi dalam ajang 21st Infobank-MRI Banking Service Excellence 2024.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas layanan prima yang diberikan Bank Muamalat kepada nasabahnya.
SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian tersebut. Bank Muamalat dianugerahi sebagai The 1st Best Overall Bank Umum Syariah (BUS) dalam Layanan Prima, dengan pencapaian tertinggi dalam kategori The Best – Overall Walk In Channel, The Best Teller, dan The Best Security. Selain itu, Bank Muamalat juga masuk dalam peringkat tiga besar untuk beberapa kategori lainnya.
“Apresiasi dari pihak eksternal ini merupakan hasil kerja keras seluruh Insan Muamalat. Ke depannya, kami akan menjadikan capaian positif ini sebagai pemacu semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah,” ujar Dedy.
Inovasi dan Strategi untuk Layanan Optimal
Bank Muamalat selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan dengan melakukan inovasi dan mengembangkan strategi untuk mencapai operational excellence dan seamless business process.
Dukungan teknologi digital dan kepatuhan terhadap regulasi menjadi kunci utama agar layanan kepada nasabah semakin mudah, cepat, efektif, dan menyenangkan.
Inovasi teknologi digital terus dilakukan, termasuk penambahan fitur baru pada Muamalat Digital Islamic Network (MDIN), pengembangan Contact Center Channel, Ecosystem Transformation, dan pembaruan atas Branch Customer Journey.
Selain itu, Bank Muamalat juga mengimplementasikan Service “Hijrah” Soul kepada seluruh karyawan, yang meliputi enam nilai: Hati, Istimewa, Jalan Keluar, Responsif, Andal, dan Hangat. Nilai-nilai ini selalu menjadi budaya dalam melayani nasabah.
Program Rutin untuk Kualitas Layanan
Bank Muamalat juga menjalankan beberapa program rutin seperti service ritual untuk memastikan kesiapan layanan prima dan branch mentoring program untuk konsistensi dalam menciptakan great customer experience.
Untuk lebih dekat dengan nasabah, Bank Muamalat menyediakan berbagai kanal informasi dan layanan, termasuk layanan digital, call center, live chat, surat elektronik, dan fitur layanan nasabah digital (digital customer care) di aplikasi Muamalat DIN, website (contact us), dan media sosial. Layanan offline juga tersedia melalui kantor layanan.
“Dengan pengembangan teknologi dan strategi yang telah disampaikan, kami berharap karyawan semakin antusias dan bersemangat dalam melayani, sehingga keterikatan dan pengalaman nasabah yang positif dapat terus tercapai,” tambah Dedy. (usm/hdl)