Jakarta (pilar.id) – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menunjukkan kepemimpinannya di bidang inovasi digital perbankan dengan meraih 15 penghargaan pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVIII 2024.
Kompetisi ini berlangsung di Nusa Dua Convention Center, Bali, dari 2 hingga 6 Desember 2024.
Penghargaan ini didapatkan berkat kontribusi 9 tim dari Divisi e-Channel & Settlement Services (CSV) BCA, menegaskan peran BCA dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan kepada nasabah melalui inovasi berkelanjutan.
BCA Komitmen pada Inovasi Teknologi
EVP e-Channel & Settlement Services BCA, Reni Septiana, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian luar biasa ini.
“Kami sangat bangga atas pencapaian 15 penghargaan ini, yang merupakan bukti nyata komitmen BCA dalam menghadirkan inovasi demi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas,” ujar Reni.
Ajang TKMPN XXVIII 2024, yang mengusung tema Mewujudkan Generasi Emas melalui Green Innovation dan Productivity, diikuti oleh 2.300 peserta dari 227 perusahaan.
Penilaian difokuskan pada inovasi teknologi, efisiensi operasional, dan produktivitas, termasuk dalam sektor perbankan, baik konvensional maupun digital.
Daftar Penghargaan yang Diraih BCA
BCA memboyong 15 penghargaan berkat berbagai inovasi unggulan, seperti:
- Top 3 Diamond: Inovasi REDANA (Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah).
- Diamond: Efisiensi dan optimalisasi layanan pengisian uang di ATM dengan inovasi InCash.
- Platinum: Optimalisasi manajemen aset mesin ATM melalui Sistem OASE (One ATM Solution Ecosystem).
- Excellent Productivity, Hi-Tech Application, dan Best Presentation: CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs.
- Most Favorite dan Best Performance: Strategi Proaktif Penyelesaian Transaksi Abnormal dengan Machine Learning.
Deretan Inovasi BCA
BCA terus melahirkan solusi teknologi untuk memperbaiki kualitas layanan perbankan. Inovasi seperti:
- REDANA: Mempermudah pembukaan rekening.
- Magnifico System: Mempercepat pembuatan kartu debit.
- Payment Status Request (PSR), Auto-Reverse, OSRA, dan RPA: Meminimalkan kegagalan transaksi BI-FAST serta mempercepat rekonsiliasi.
Selain sukses di TKMPN, BCA juga memenangkan penghargaan internasional di International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) 2024 di Sri Lanka dan penghargaan Global Future Workforce di Portugal pada Oktober 2024.
“Penghargaan ini menegaskan komitmen kami untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan nasabah dan perkembangan teknologi guna memberikan solusi terbaik,” tutup Reni. (hdl)