Jakarta (pilar.id) – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah resmi mengumumkan kerja sama strategis guna mengintegrasikan layanan perbankan dan telekomunikasi, dengan tujuan memberikan nilai tambah kepada nasabah dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Melalui kolaborasi ini, keduanya akan memanfaatkan infrastruktur dan jaringan yang dimiliki untuk memberikan kemudahan akses nasabah ke layanan perbankan dan digital.
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini dilakukan oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, dan Direktur & Chief Commercial Officer-Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, dalam acara yang dihadiri oleh Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, serta Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, di Jakarta pada Rabu (20/9/2023).
Lani Darmawan, Presiden Direktur CIMB Niaga, menyatakan bahwa industri perbankan dan telekomunikasi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Keduanya berperan besar dalam perubahan perilaku masyarakat yang semakin mengandalkan layanan digital untuk komunikasi dan transaksi keuangan. Integrasi layanan antara CIMB Niaga dan XL Axiata akan menjadi pendorong pertumbuhan bisnis keduanya dan diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.
Sementara itu, Dian Siswarini dari XL Axiata menyambut baik kerja sama strategis ini, yang sejalan dengan fokus perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan setia dan masyarakat Indonesia secara umum.
Semakin meningkatnya digitalisasi dalam industri jasa keuangan, yang didukung oleh peningkatan penggunaan saluran digital ke bank, menjadikan perusahaan telekomunikasi memiliki peran penting dalam menyediakan layanan keuangan melalui infrastruktur jaringan yang dimilikinya.
Melalui kerja sama ini, pelanggan XL Axiata akan dapat mengakses layanan perbankan seperti pembukaan rekening tabungan, e-wallet, dan diskon melalui aplikasi myXL, begitu pula sebaliknya nasabah CIMB Niaga dapat menggunakan layanan XL Axiata melalui aplikasi digital milik bank tersebut. Kerja sama ini juga dapat diperluas lebih lanjut untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan pelanggan mereka.
Kerja sama antara CIMB Niaga dan XL Axiata sesuai dengan misi CIMB Niaga untuk menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia dan ASEAN secara terpadu. Hal ini juga sejalan dengan komitmen CIMB Niaga untuk menjadi bank terkemuka dalam layanan perbankan digital di Indonesia, sambil memastikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi. Bagi XL Axiata, kerja sama ini merupakan bagian dari visi perusahaan untuk memperpendek jarak antara masyarakat dengan dunia digital demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
CIMB Niaga, sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, didirikan pada tahun 1955 dan sekitar 92,5% sahamnya dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, termasuk segmen Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking, serta layanan digital seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile.
Sementara XL Axiata selama ini dikenal sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang berfokus pada layanan konvergensi untuk memudahkan aktivitas masyarakat dan mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.
Perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1996 dan menawarkan beragam layanan kepada pelanggan ritel dan korporat di seluruh Indonesia. Dengan pengembangan jaringan 4G LTE dan 5G, XL Axiata terus berkomitmen untuk memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan. Perusahaan ini merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan beberapa perusahaan lainnya. (mad/ted)