Jakarta (pilar.id) – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui tim e-Channel & Settlement Services – Operational & System Support berhasil meraih juara 1 pada AI Driven Bot Competition 2024. Kompetisi tingkat nasional ini menampilkan berbagai inovasi kecerdasan buatan (AI) dalam teknologi robotik.
BCA memukau dewan juri dengan GestureCam, teknologi berbasis AI yang memanfaatkan pengenalan wajah dan gerakan (face and gesture recognition). Inovasi ini diaplikasikan pada Robot Pintar Indonesia (ROPI) untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam berinteraksi dengan robot, baik untuk layanan pelanggan hingga kebutuhan sehari-hari.
Tim Operational & System Support dari BCA terdiri dari lima anggota divisi e-Channel & Settlement Services (CSV). Tim ini melewati tahap screening, uji coba daring dan luring, implementasi, hingga presentasi, dan akhirnya dinobatkan sebagai juara karena inovasi teknis dan solusi bisnis yang inovatif.
“Kami bangga atas pencapaian ini. GestureCam kami harapkan dapat membantu penyandang disabilitas mengakses teknologi robotik, terutama dalam layanan keuangan,” ujar EVP e-Channel & Settlement Services BCA, Reni Septiana.
GestureCam menggunakan kamera untuk mendeteksi dan menerjemahkan bahasa isyarat menjadi perintah yang dipahami robot. Teknologi ini juga dapat mengenali profil pengguna, seperti usia, jenis kelamin, hingga ekspresi, untuk memberikan interaksi yang lebih personal.
Kompetisi Inovasi Berbasis AI
AI Driven Bot Competition 2024, diselenggarakan oleh Indonesia AI Society (IAIS) dan PT Sari Teknologi Global, bertujuan memajukan teknologi AI di sektor robotik. Kompetisi yang berlangsung sepanjang Oktober 2024 ini menjadi bagian dari AI and Robotic Innovation Expo 2024.
BCA terus menunjukkan komitmennya terhadap inovasi. Sebelumnya, perseroan telah mengimplementasikan automasi ke beberapa produk, seperti:
- RIA (Robot Inject APOS): Meningkatkan mesin EDC berbasis Android (APOS).
- TOPAZ (Mesin Top Up Flazz): Mempermudah pengisian saldo kartu Flazz.
- Universal UPS Monitoring: Memberikan informasi kondisi UPS secara real-time.
Inovasi ini membawa BCA meraih penghargaan Top 3 Global Future Workforce di Qorus-Infosys Finacle Banking Innovation Award 2024 di Portugal, Oktober lalu.
“Kami berkomitmen menghadirkan solusi berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan nasabah. Inovasi seperti GestureCam menjadi bukti bahwa insan BCA terus menciptakan nilai tambah melalui teknologi,” tutup Reni.
BCA berharap, langkah ini dapat menjadi inspirasi dalam menciptakan teknologi inklusif dan memperkuat layanan bagi masyarakat luas, termasuk penyandang disabilitas. (hdl)