Jakarta (pilar.id) – Igloo, perusahaan asuransi full-stack dari Singapura, telah meluncurkan platform digital baru bernama Ignite. Dengan lebih dari 30 produk asuransi yang tersedia, platform ini mencakup berbagai jenis asuransi seperti asuransi pribadi, asuransi properti, asuransi perjalanan, dan asuransi kendaraan.
Keberadaan Ignite dipastikan untuk memberikan transparansi yang tinggi dalam proses pemberian asuransi, yang dilakukan melalui platform digital ini. Hal ini akan membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap industri asuransi, yang terkadang masih dirasakan ragu oleh banyak orang karena berbagai kasus penipuan terkait asuransi yang pernah terjadi di Indonesia.
Namun demikian, Igloo juga menegaskan pentingnya bagi konsumen untuk tetap waspada dalam berinteraksi dengan pihak yang mengklaim sebagai agen asuransi.
Meskipun literasi asuransi di Indonesia mengalami peningkatan, dari 19.40 persen pada tahun 2019 menjadi 31.72 persen pada tahun 2022 berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan, tetap diperlukan edukasi yang lebih lanjut agar masyarakat benar-benar terlindungi dari risiko sehari-hari.
“Mitra Ignite memiliki peran penting dalam melibatkan dan mengedukasi konsumen tentang asuransi di Asia Tenggara. Teknologi Ignite yang digabungkan dengan pemahaman kami tentang pasar Indonesia akan memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran pelanggan, serta memperkuat misi kami untuk menyediakan asuransi bagi semua orang,” jelas Henry Mixson, Country Manager Igloo Indonesia.
Untuk membantu konsumen dalam memilih agen atau mitra asuransi yang tepat, ia pun memberikan beberapa saran penting.
1. Transparansi yang Didukung Teknologi
Pertimbangkan agen atau mitra yang menggunakan teknologi dalam proses penjualan asuransi. Platform digital seperti Ignite memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pembelian asuransi.
2. Riset Mendalam
Lakukan riset menyeluruh tentang agen, perusahaan yang diwakilinya, dan produk yang ditawarkan sebelum memutuskan membeli asuransi. Platform digital memudahkan untuk memahami detail produk.
3. Teliti Polis Asuransi
Luangkan waktu untuk memahami isi produk, syarat, dan ketentuan polis asuransi. Agen juga harus memberikan transparansi dan menjelaskan semua aspek polis.
4. Lindungi Informasi Pribadi
Hati-hati saat berbagi informasi pribadi dan keuangan dengan agen asuransi. Jangan berikan password, kode OTP, atau informasi penting lainnya.
5. Pembayaran Premi
Bayar premi langsung ke perusahaan asuransi, bukan melalui agen. Platform berbasis teknologi memastikan proses pembayaran aman.
Pemanfaatan teknologi juga berkontribusi pada transparansi. Misalnya, mitra Ignite dapat menunjukkan proses pembelian asuransi secara real-time kepada calon konsumen, baik langsung maupun melalui video call. Teknologi ini juga menyederhanakan proses pembelian asuransi, terutama dengan dukungan dari Mitra Ignite yang andal dan transparan.
“Kami bangga bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, seperti Asuransi Sinarmas, Asuransi Sompo, Asuransi Tugu, dan Asuransi Takaful, dalam menyediakan produk asuransi melalui platform Ignite. Penawaran produk kami yang didukung teknologi ini memberikan pilihan yang beragam kepada konsumen pada platform yang terpercaya dan aman,” ungkap Henry.
Igloo, yang telah memiliki kantor di beberapa negara Asia Tenggara dan pusat teknologi di Cina dan India, bertujuan untuk membuat asuransi lebih terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang.
Dengan menggunakan big data, analisis risiko real-time, dan manajemen klaim otomatis, Igloo menciptakan solusi asuransi B2B2C yang inovatif untuk berbagai industri, termasuk asuransi, telekomunikasi, e-commerce, dan layanan keuangan. Mitra Ignite adalah bagian penting dari upaya Igloo dalam membentuk masyarakat yang lebih teredukasi tentang asuransi di Asia Tenggara. (ted)