Jakarta (pilar.id) – Pernah jengkel gara-gara pesan tidak jelas yang muncul di inbox email, pesan whatsapp, SMS, atau di media sosial? Ya, itulah spam.
Spam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pesan yang tidak diinginkan atau tidak diminta yang dikirim melalui email, SMS, media sosial, atau saluran komunikasi lainnya.
Spam biasanya berisi iklan, penipuan, virus, atau konten yang mengganggu. Spam dapat merugikan pengguna dengan berbagai cara, seperti membuang-buang waktu dan bandwidth, mencuri informasi pribadi atau keuangan, menyebarkan malware atau ransomware, atau merusak reputasi online.
Pengirim spam atau spammer bisa mendapatkan alamat email, no ponsel, dan akun media sosial kita dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan alat khusus pencari email untuk mencari simbol @ di internet dan menemukan alamat email secara acak.
Mereka juga bisa menebak alamat email secara manual dengan menggunakan nama umum atau variasinya.
Cara lain yang dilakukan adalah dengan membeli alamat email dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjual data pengguna mereka tanpa sepengetahuan mereka.
Lebih celaka, beberapa spammer memanfaatkan kebocoran data yang terjadi di platform online tertentu yang menyimpan informasi pribadi pengguna. Kemudian teknik spoofing untuk memalsukan alamat email dari perusahaan atau organisasi terkenal dan menipu penerima untuk membuka atau membalas pesannya.
Spammer juga bisa menggunakan bidang ‘balas ke’ untuk mengarahkan balasan ke alamat email lain yang berbeda dari pengirim aslinya.
Hal lain yang lazim dilakukan adalah mereka mencoba mengakses akun media sosial kita yang diretas oleh hacker dan menggunakannya untuk mengirim spam ke kontak kita.
Untuk menghindari spam, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Apa saja?
Jangan asal berbagi alamat email
Hati-hati saat mempublikasikan alamat email kita di internet. Jangan masukkan alamat email kita di situs web yang tidak terpercaya atau tidak aman.
Waspada tautan di email spam
Jangan pernah membuka atau mengklik tautan dalam email spam. Ini bisa membahayakan perangkat kita dengan malware atau virus.
Tandai pesan spam
Segera tandai email misterius sebagai spam agar tidak masuk ke kotak masuk kita lagi. Ini juga akan membantu penyedia layanan email kita untuk menyaring spam lebih baik.
Fitur anti spam di hosting
Saring pesan yang masuk melalui cPanel jika kita menggunakan layanan hosting dengan fitur anti spam andalan. Jika anda menggunakan email hosting, gunakan fitur anti spam. Email hosting biasanya memiliki teknologi keamanan seperti SPF, DKIM, dan DMARC yang bisa memeriksa apakah email berasal dari pengirim asli atau palsu.
Email spam checker
Gunakan layanan ini untuk mengecek apakah pesan kita rawan masuk ke kotak spam penerima. Ini berguna jika kita ingin mengirim newsletter atau promosi kepada pelanggan atau klien kita. (usm/hdl)