Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang dapat disewa pelanggan untuk menentukan jenis kereta api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan.
Baru-baru ini, sebuah KLB rombongan SMAN 3 Bandung menjadi viral di media sosial karena perjalanannya yang lancar dari Stasiun Bandung pada hari Jumat (12/5/2023) pukul 06.20 WIB, menuju Stasiun Surabaya Gubeng pada hari yang sama pukul 17.06 WIB.
KLB SMAN 3 Bandung menggunakan 7 gerbong kelas eksekutif dengan kapasitas 350 penumpang. Jika masyarakat ingin menyewa KLB, mereka dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di nomor 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], media sosial KAI121, atau customer service di stasiun. Setelah itu, calon pelanggan harus mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan.
KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif. Jika telah terjadi kesepakatan, akan dibuatkan berita acara kesepakatan di mana DP (uang muka) harus dibayar. Setelah DP dibayarkan, KAI akan menyiapkan sarana kereta apinya.
Calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal 7 hari sebelum keberangkatan agar KAI dapat menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal.
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, mengatakan bahwa hadirnya layanan KLB ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman, nyaman, dan sehat. KAI berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. (hdl)