Jakarta (pilar.id) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersiap menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan menghadirkan paket wisata #DiIndonesiaAja.
Kolaborasi antara Kemenparekraf, industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), serta pihak terkait bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dalam negeri.
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Vinsensius Jemadu menyatakan bahwa libur Natal dan Tahun Baru adalah salah satu momentum besar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Tentunya kami di Kemenparekraf akan memanfaatkan momentum libur Nataru ini dengan kampanye #BanggaBerwisatadiIndonesia sehingga target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara tahun 2023 dapat tercapai,” ungkap Vinsensius Jemadu.
Kemenparekraf bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Injourney untuk menghadirkan #DiIndonesiaAja travel fair yang bermitra dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) guna menyediakan paket-paket libur Nataru.
Kerja sama juga terjalin dengan Kemendikbudristek RI untuk mengkampanyekan liburan sekolah/kuliah #diIndonesiaAja.
Selain itu, Kemenparekraf berkolaborasi dengan AGODA, agen perjalanan daring, dengan menyediakan paket Promo bagi 10.000 pelanggan selama bulan Desember 2023 senilai total Rp500 juta.
Menurut estimasi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, diperkirakan akan terjadi peningkatan pergerakan orang sebesar 5 persen selama libur Nataru tahun ini.
Di antara data perkiraan tersebut, terdapat prediksi adanya 904.496 orang penumpang transportasi umum selama libur Nataru. Selain itu, terdapat juga perkiraan jumlah pengguna angkutan roda dua sebanyak 52.755 unit, roda empat sebanyak 98.267 unit, bus sebanyak 12.157 unit, dan truk sebanyak 55.569 unit. (rio/ted)