Jakarta (pilar.id) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengadakan serangkaian pesta rakyat.
Pesta rakyat tersebut diselenggarakan melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.
Kegiatan yang akan dilaksanakan selama KTT ASEAN 2023 antara lain street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta beberapa event lainnya.
Pesta rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. Tujuannya adalah untuk melibatkan masyarakat lokal secara aktif, terutama melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM di Labuan Bajo.
Semua kegiatan ini melibatkan masyarakat lokal secara aktif sebagai upaya mengakomodir antusiasme mereka melalui dukungan ekosistem kreatif dan UMKM di Labuan Bajo.
Pesta Rakyat ini akan melibatkan berbagai konten budaya lokal, seperti bazar yang berisi produk parekraf lokal seperti kuliner, tenun, suvenir, produk-produk lokal unggulan seperti kopi dan gula rebok, serta produk kerajinan tangan lainnya.
Selain itu, street carnival akan melibatkan lebih luas lagi masyarakat mulai dari siswa-siswi sekolah hingga sanggar-sanggar budaya lokal, serta para seniman lokal melalui pertunjukan musik.
Program ASEAN Youth juga akan dilaksanakan dan melibatkan 22 anggota delegasi dari negara-negara ASEAN.
Kegiatan pesta rakyat ini dilaksanakan di sejumlah lokasi di sekitar Labuan Bajo seperti Lapangan Waesambi untuk street carnival, Goa Batu Cermin untuk Festival Goa Batu Cermin, dan Waterfront Kampung Ujung untuk SMEs Hub.
Melalui komitmen bersama negara anggota ASEAN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif berkeadilan yang kuat dan berkelanjutan, Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ada di Indonesia juga saat ini telah bangkit.
Promosi dan edukasi dilakukan sejak awal melalui berbagai bentuk publikasi di berbagai media massa baik lokal, nasional, maupun internasional dan diamplifikasi digital dengan mendiseminasikan informasi melalui berbagai akun media sosial.
Pemasangan banner di pintu masuk bandara, pemasangan billboard di area Kota Labuan Bajo, back drop dan roll banner kantor-kantor pemerintah dan juga hotel juga dilakukan untuk meningkatkan promosi.
Tourist Information Center dan HelpDesk juga disediakan untuk memudahkan informasi terkait wisata Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023. (hdl)