Jakarta (pilar.id) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui anak perusahaannya Telkomsat, yang fokus pada layanan bisnis telekomunikasi berbasis satelit, terus berupaya mewujudkan pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Indonesia dengan menyediakan sinyal internet cepat di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel, serat optik, atau nirkabel. Terutama di kawasan timur Indonesia.
Telkomsat menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi dengan kecepatan unduh hingga 180 Mbps dan unggah hingga 20 Mbps. Layanan ini ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perusahaan, layanan kesehatan, dan pemerintahan, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia Timur.
Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 100 Internet Service Provider (ISP) lokal telah berlangganan layanan MangoStar, dan separuh dari mereka beroperasi di wilayah timur Indonesia. “Telkomsat menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP lokal di kawasan timur Indonesia,” ujar Lukman.
MangoStar, produk unggulan Telkomsat, menawarkan konektivitas tingkat enterprise-class dan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, terutama UMKM dan penyedia layanan internet. Produk ini telah mengalami pertumbuhan pelanggan yang sangat pesat dalam setahun terakhir, meningkat hingga 10 kali lipat antara tahun 2022-2023.
Selain itu, Telkomsat juga meluncurkan layanan MangoStar Maritim pada awal September 2023, yang ditujukan bagi pelanggan di sektor maritim dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 24 jam dan kecepatan unduh hingga 180 Mbps dan unggah 20 Mbps.
Selain itu, Telkomsat dengan fasilitas VSAT Star juga mendukung penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi untuk telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Pegunungan.
Lukman menegaskan bahwa upaya Telkomsat sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan pemerataan digital di Indonesia. Telkomsat telah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas di seluruh Indonesia, mulai dari Agustus 2022.
“Telkomsat terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami juga terbuka untuk menjalin kerja sama dan menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP lain,” tutup Lukman. (mad/ted)