Surabaya (pilar.id) – Bisa masih perguruan tinggi favorit adalah impian setiap calon mahasiswa. Setelah melewati masa perkuliahan, tantangan berikutnya, masuk di bidang pekerjaan favorit atau yang diimpikan. Semudah itukah?
Sayang, ternyata tidak. Ada banyak hal yang mesti disiapkan agar bisa lolos seleksi tenaga kerja. Dalam sebuah kesempatan, Deviana Kurniawati, Client Success Senior Associate of Kalibrr Indonesia mengatakan, ada tiga hal penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja.
Hal penting ini meliputi what I know, what I do, dan what I do to win. Yang dimaksud dengan what I know adalah mengetahui tujuan atau motivasi dalam mencari pekerjaan. Tujuan tersebut bisa meliputi pengalaman, pendapatan atau money, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekedar karena pressure dari orang sekitar.
Langkah kedua adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja. Ada dua hal yang bisa dilakukan pada tahap tersebut. Pertama yaitu melakukan research terhadap role atau posisi dan perusahaan yang diinginkan. Dalam hal ini, Devi menekankan agar para jobseeker tidak hanya sekedar apply tetapi juga harus memperhatikan apakah posisi yang akan dilamar sesuai dengan background studi, pengalaman, dan motivasinya di awal atau tidak.
Ketiga, interview. Terkait dengan what I do to win, menurut Devi ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap interview. Dia menyebutkan ada tiga moment yang sangat krusial dalam sesi interview, yakni first impression, cara menunjukkan kelemahan diri, dan tahap terakhir saat employer menanyakan pada kita ‘apakah ada pertanyaan?’.
Ketiga moment itu adalah yang terpenting. Karena itu kita harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan gain insight on a candidate’s skill, experience, personality. (usm)