Jakarta (pilar.id) – PT Citra Van Titipan Kilat atau TIKI, perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, menargetkan pertumbuhan volume kiriman sebesar 15 persen selama Ramadhan tahun ini.
Untuk mencapai target tersebut, TIKI agresif memberikan berbagai promo diskon ongkos kirim. TIKI telah mempersiapkan operasionalnya untuk mengantisipasi lonjakan kiriman terutama satu minggu menjelang Hari Raya Lebaran. Tidak hanya itu, TIKI juga akan tetap menerima permintaan pengiriman paket di libur Lebaran.
Seperti dikatakan Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, bagi pelaku usaha jasa pengiriman atau kurir, momen hari raya terutama Idul Fitri selalu terjadi peningkatan permintaan pengiriman. Karena momen ini selalu dimanfaatkan untuk saling berkirim parsel maupun barang keperluan lainnya pada sanak keluarga.
“Melihat kondisi Lebaran tahun ini, dimana konsumsi belanja masyarakat lebih meningkat dibanding 2 tahun terakhir. Kami memprediksi volume barang kiriman di Bulan Ramadhan ini akan mengalami peningkatan hingga 10 peren dibanding 2021 lalu,” kata Yulina.
Untuk melayani kebutuhan pengiriman masyarakat, TIKI telah mempersiapkan rencana untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan menguntungkan bagi konsumennya.
TIKI memiliki beragam promosi diskon untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri antara lain promo tarif hemat untuk pengiriman dari Jabodetabek ke beberapa kota tujuan, promo diskon ongkir 10 persen untuk produk ONS (Over Night Service), REG (Regular) dan ECO (Economy), serta kerjasama dengan aplikasi WeHelpYou untuk promo diskon ongkir 50 persen dengan syarat dan ketentuan berlaku.
“Selain memberikan berbagai promo menarik, hal terpenting yang menjadi fokus kami adalah memastikan kualitas pelayanan kami mulai dari proses booking, hingga ketepatan waktu pengiriman,” lanjut Yulina.
Saat ini, lanjutnya, TIKI telah memiliki berbagai pilihan yang akan semakin mempercepat dan mempermudah proses booking. Selain datang ke gerai, konsumen juga dapat mendatangi fasilitas drive thru, maupun melakukan online booking dan memanfaatkan layanan jemput online melalui aplikasi TIKI, maupun platform mitra seperti WeHelpYou.
Dalam hal operasional, TIKI akan memfokuskan pada keamanan dan ketepatan waktu pengiriman. Perusahaan telah menyiapkan berbagai moda transportasi mulai dari trucking, pesawat freighter maupun pesawat carter.
TIKI juga menyiapkan kapasitas dan pemetaan tim opeasional baik di gerai, gudang dan kurir lapangan. TIKI juga memaksimalkan pemanfaatan sistem teknologi untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan tim operasional.
“Kami akan memaksimalkan operasional kami untuk dapat mengirimkan paket dan barang. Di libur Lebaran, kami juga akan tetap membuka gerai dan menerima permintaan untuk pengiriman. Namun begitu mengingat libur Lebaran, arus lalu lintas akan sangat padat terlebih dengan diberlakukannya aturan one way ganjil genap, kami menyarankan konsumen agar dapat mengatur jadwal pengirimannya, sebisa mungkin lebih awal mengirimkan paketnya,” terang Yulina. (mia/hdl)