Jakarta (pilar.id) – Pada momen libur sekolah 2024, DAMRI mencatat lonjakan penjualan tiket sebesar 15 persen. Sejak pertengahan Juni 2024, perusahaan transportasi plat merah ini mengalami peningkatan jumlah penumpang di seluruh segmen layanannya, mulai dari Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga Lintas Batas Negara (ALBN).
Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R. M. Pohan, menyatakan bahwa peningkatan penjualan tiket ini mencerminkan tingginya minat masyarakat untuk bepergian menggunakan DAMRI selama masa libur sekolah.
“Jika dibandingkan dengan hari biasa sebelum memasuki masa libur sekolah 2024, penjualan tiket DAMRI mulai meningkat mencapai 28,4 persen untuk Angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” jelas Pohan. “17,8 persen untuk AKAP, 16,2 persen untuk Angkutan Bandara, 6,7 persen untuk Angkutan Perkotaan, dan 6 persen untuk ALBN,” tambahnya.
Menurut data tersebut, terdapat tiga layanan DAMRI yang mengalami peningkatan signifikan selama masa liburan sekolah 2024.
Layanan Angkutan KSPN yang menghubungkan masyarakat ke tempat wisata di berbagai wilayah mengalami peningkatan hampir 30 persen dibanding hari biasa. Layanan AKAP juga menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian antar provinsi dan pulau.
Selain itu, layanan antarmoda yang menghubungkan masyarakat dari angkutan jalan ke udara melalui Angkutan Bandara juga mencatat kenaikan hampir 20 persen dibanding hari biasa.
“Berbagai fasilitas telah disediakan DAMRI untuk melayani penumpang, mulai dari armada yang prima hingga frontliner yang siap membantu. Kami berharap momen liburan bersama DAMRI akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang tua dan anak-anak,” tutup Pohan.
Untuk mendukung peningkatan mobilitas masyarakat selama masa libur sekolah, DAMRI terus melakukan ramp check bagi armada dan medical check up bagi pramudi yang bertugas. Langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan tetap terjaga. (hdl)