Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan bahwa puncak arus balik libur tahun baru 2024 telah terjadi pada tanggal 1 Januari. Volume penumpang kereta api jarak jauh dan lokal yang dikelola KAI pada 1 Januari 2024 mencapai 222.292 penumpang, mengalami peningkatan sebanyak 48 persen dibandingkan dengan 1 Januari 2023 yang mencatat 149.787 penumpang. Rinciannya terdiri dari 55.875 penumpang kelas eksekutif, 9.914 penumpang kelas bisnis, dan 156.503 penumpang kelas ekonomi.
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menyatakan bahwa peningkatan jumlah pelanggan selama libur Tahun Baru 2024 dapat diatributkan kepada perbaikan kondisi pandemi dan peningkatan minat pelanggan. Selain itu, peningkatan pelayanan melalui peremajaan sarana, penambahan kereta api baru, fasilitas-fasilitas baru, serta kebebasan dari kemacetan juga berkontribusi pada peningkatan tersebut.
Dalam laporan ini, disebutkan bahwa okupansi pada 1 Januari 2024 mencapai 130 persen, dengan 30 persen merupakan penumpang dinamis yang naik turun antara stasiun awal dan stasiun tujuan akhir. KAI menyediakan total 170.788 tempat duduk untuk melayani penumpang pada puncak libur Tahun Baru, mengoperasikan 378 KA terdiri dari 288 KA Reguler dan 90 KA Tambahan.
Adapun penjualan tiket KA Jarak Jauh tertinggi pada 1 Januari 2024 adalah untuk KA Airlangga (KA 235) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen dengan jumlah penumpang mencapai 2.320. Sementara itu, tiket untuk arus balik libur Tahun Baru periode 1 hingga 7 Januari 2024 masih tersedia sebanyak 436.394 tiket atau 37 persen dari total 1.180.300 tiket.
Joni menambahkan bahwa selama periode Nataru, hingga tanggal 1 Januari 2024, terdapat 7.570 penumpang WNA yang menggunakan transportasi kereta api. Rute favorit para WNA melibatkan perjalanan antara Jakarta – Bandung, Jakarta – Yogyakarta, Bandung – Yogyakarta, dan lainnya. Asal negara penumpang asing mencakup Belanda, Jerman, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, China, dan negara-negara lainnya.
Dengan semangat melayani, KAI berkomitmen untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk. KAI juga menekankan bahwa keselamatan tetap menjadi fokus utama selama periode Nataru. Para pelanggan diimbau untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk sampai di stasiun keberangkatan, sehingga dapat menghindari keterlambatan akibat kemacetan.
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau melalui media sosial KAI121. (mad/hdl)