Jakarta (pilar.id) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pencapaian luar biasa dengan jumlah penumpang mencapai 18.585 orang dan 4.213 unit kendaraan yang menyeberang di lintasan Ajibata-Ambarita, Sumatera Utara, sejak H-10 (15/12/2023) hingga H-1 (24/12/2023) Natal 2023, pukul 23.30 WIB.
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyampaikan bahwa angka tersebut menunjukkan peningkatan lebih dari 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. “Jumlah penumpang periode H-10 sampai H-1 Natal tahun 2022 sebanyak 14.316 orang, dan tahun ini meningkat 30 persen menjadi 18.585 orang. Jumlah kendaraan juga naik 31 persen dari tahun sebelumnya, dengan total 3.205 unit kendaraan menjadi 4.213 unit kendaraan,” kata Shelvy.
Puncak arus penyeberangan terjadi pada Sabtu (23/12/2023) lalu atau H-2, dengan total penumpang 2.343 orang dan kendaraan 443 unit. Sementara itu, arus tertinggi dari Ambarita ke Ajibata terjadi pada Minggu (24/12/2023) atau H-1, dengan total penumpang 1.320 orang dan kendaraan 263 unit.
General Manager ASDP Cabang Sibolga, Heru Wahyono, menyampaikan bahwa kondisi di lapangan masih terpantau landai hingga Senin (25/12) pagi, dengan cuaca cerah berawan. “ASDP dan stakeholder di wilayah Danau Toba telah melakukan koordinasi untuk persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menyiapkan fasilitas pelabuhan dan memastikan semua kapal dalam kondisi prima,” ujar Heru.
ASDP mengoperasikan KMP Ihan Batak dengan kapasitas 546 gross ton (GT) atau sekitar 280 penumpang, dan KMP Pora-Pora dengan kapasitas 462 GT atau sekitar 180 penumpang. Pelabuhan beroperasi mulai pukul 06.30 WIB, dengan trip pertama kapal berangkat pukul 07.30 WIB. Operasional dijadwalkan selesai pukul 21.15 WIB, namun dapat bertambah untuk mengakomodir pengguna jasa.
“Jadwal operasional direncanakan sampai 21.15 WIB saja, namun ada ekstra trip dipukul 22.30 WIB dan 23.30 WIB karena masih ada pengguna jasa yang belum menyeberang. Ini tergantung dari situasi lapangan karena ASDP berkomitmen memberikan pelayanan prima untuk kenyamanan pengguna jasa,” kata Heru.
ASDP mengimbau pengguna jasa untuk membeli tiket melalui aplikasi Ferizy paling lambat H-1 keberangkatan, memperhatikan jam masuk pelabuhan, dan memastikan kesehatan penumpang dan kendaraan dalam kondisi prima. Perusahaan juga mengingatkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di pelabuhan dan kapal, serta mengikuti arahan petugas demi kelancaran arus penyeberangan di lintasan Ajibata-Ambarita. (mad/hdl)