Jakarta (pilar.id) – Hyundai Motor Company melalui Hyundai N Brand mempersembahkan high-performance car yang mengutamakan performa luar biasa dan pengalaman berkendara yang mengesankan. Dengan konsep Never Just Drive, Hyundai N Brand menegaskan bahwa setiap kendaraan harus memberikan kegembiraan dan kepuasan dalam berkendara.
Hyundai N Brand didesain untuk memenuhi kebutuhan para penggemar otomotif akan pengalaman berkendara yang tak terlupakan dengan karakter tangguh dan kendali yang presisi. Ini juga merupakan simbol dari dedikasi Hyundai dalam menciptakan solusi mobilitas terdepan, sejalan dengan visi globalnya, Progress for Humanity.
Inspirasi Hyundai N Brand berasal dari dua kota. Pertama adalah Namyang, sebuah distrik penelitian dan pengembangan Hyundai di Korea Selatan yang menjadi pusat penciptaan teknologi canggih dan kendaraan inovatif. Kota kedua adalah Nürburgring, sebuah sirkuit balap terkenal di Jerman yang telah menjadi panggung uji coba bagi performa, penanganan, dan keamanan dari model-model kendaraan Hyundai N Brand. Kini, Hyundai N Brand telah memiliki basis penggemar setianya di berbagai belahan dunia.
Pengembangan Hyundai N Brand dimulai pada 2012 ketika Hyundai mengumumkan keterlibatannya kembali dalam WRC (World Rally Championship), dan memperkenalkan mobil konsep terbaru, i20 WRC, di Paris Motor Show pada bulan September. Tiga bulan kemudian, Hyundai Motorsport resmi dibentuk di Alzenau, Jerman, sebagai strategi Hyundai untuk mempercepat persiapannya kembali ke WRC.
Pada Maret 2013, Hyundai memperkenalkan mobil konsep i20 WRC dengan peningkatan terbaru di ajang Geneva Motor Show. Komitmen Hyundai untuk menciptakan high-performance car semakin diperkuat dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring. Hyundai menutup tahun 2013 dengan memperkenalkan N Logo untuk pertama kalinya, diiringi peluncuran kendaraan untuk WRC 2014 pada bulan Desember.
Upaya Hyundai dalam mengembangkan high-performance car berujung pada hasil yang memuaskan, terutama dengan kemenangan (Maiden Victory) mereka di Reli Jerman pada 2014. Kala itu, i20 WRC besutan Hyundai Motorsport berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.
Kesuksesan i20 di WRC berlanjut di tahun 2015 dengan kembali meraih empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir. Tahun 2015 juga menjadi momen bersejarah bagi Hyundai dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman. Selain memamerkan RM15 Concept Cars, Frankfurt Motor Show juga menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo yang saat itu digadang-gadang sebagai teknologi high-performance car dari Hyundai.
Sejak resmi diluncurkan, Hyundai N Brand telah sukses menorehkan prestasi gemilang di berbagai ajang balap, seperti WRC, WTCR, dan TCR World Tour. Selain itu, berbagai model Hyundai N Brand berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, seperti IONIQ 5 N yang dinobatkan sebagai TopGear Car of the Year 2023. Lalu, i30 N juga sukses mendapat penghargaan Sport Auto Award selama tiga tahun berturut-turut.
Perkembangan pesat Hyundai N Brand tak lepas dari konsistensinya dalam mengusung filosofi “N Feeling”, sebuah pengalaman berkendara yang unik dan memikat, dengan tiga pilar utama, yaitu Corner Rascal, pilar yang menyoroti kemampuan kendaraan Hyundai N Brand untuk melesat di tikungan dengan lincah dan responsif. Handling yang tajam dan presisi menjadi inti dari aspek ini, memberikan pengendara sensasi mengemudi yang luar biasa.
Lalu Racetrack Capability, yakni menitikberatkan pada daya tahan dan kinerja kendaraan Hyundai N Brand yang telah teruji di trek balap. Aspek ini menjamin bahwa performa kendaraan tetap konsisten bahkan dalam kondisi berkendara ekstrem, memenuhi standar tinggi di dunia balap.
Kemudian Everyday Sports Car, menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan excitement berkendara mobil sport. Hyundai N Brand berusaha menciptakan keseimbangan sempurna antara utilitas dan performa, memberikan pengalaman berkendara yang memikat setiap hari.
Dengan ketiga pilar tersebut, Hyundai N Brand tidak hanya menawarkan high-performance car andal, tetapi juga pengalaman mengemudi yang unik dengan mengutamakan preferensi pengemudi melalui berbagai pengaturan berkendara yang terpersonalisasi.
Teknologi dan Inovasi Khas
Sejak awal pembentukannya, Hyundai N Brand telah menjelma menjadi simbol high performance dalam industri otomotif. Di samping itu, model ini tampil dengan teknologi canggih dan fitur-fitur terkini yang membedakannya dari high-performance car lainnya.
Keunggulan Hyundai N Brand terletak pada pemanfaatan teknologi suspensi canggih, sistem penggerak yang dioptimalkan untuk performa berkendara, dan penggunaan bahan ringan demi meningkatkan efisiensi dan responsivitas. Tidak lupa, penggunaan teknologi, seperti N Grin Control System untuk pengalaman berkendara dengan berbagai mode, bersama dengan pengembangan sistem knalpot khusus, menjadi ciri khas Hyundai N Brand.
Lebih lanjut, setiap aspek desain, mulai dari respon pedal hingga feedback setir, dirancang untuk menghadirkan sensasi berkendara yang dinamis. Seluruh inovasi ini dihadirkan seiring dengan komitmen Hyundai N Brand dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak hanya efisien tetapi juga menyenangkan.
Lineup Komprehensif
Berkat lini kendaraan yang terus berkembang setiap tahunnya, Hyundai N Brand telah berhasil membuktikan diri sebagai produsen high-performance car andal. Hingga saat ini, Hyundai N Brand telah memiliki beberapa lini kendaraan yang dirilis hampir setiap tahunnya, di antaranya Hyundai i30 N pada 2017, Hyundai i30 Fastback N pada 2018, Hyundai Veloster N pada 2019, Hyundai i20 N pada 2020, Hyundai Kona N dan Hyundai Elantra N pada 2021, dan Hyundai Elantra N PE pada 2023.
Keseriusan dalam mengembangkan Hyundai N Brand turut menghantarkan Hyundai di berbagai ajang kejuaraan balap, di antaranya World Rally Cup (WRC) dan World Touring Car Cup (WTCR).
Model ini bahkan dipercaya menjadi official safety car dalam ajang World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika pada 2021 dan 2022. Keikutsertaan Hyundai N Brand dalam ajang tersebut menjadi peluang berharga untuk memperlihatkan jajaran produk berkualitas dan berperforma tinggi, seperti Hyundai i30 Fastback N dan Hyundai i30 N, kepada para penggemar otomotif.
Tidak hanya berfokus pada penciptaan kendaraan dengan internal combustion engine, Hyundai N Brand juga menunjukkan komitmennya terhadap mobilitas yang lebih bersih dengan diperkenalkannya IONIQ 5 N pada Juli 2023.
Transformasi ini menjadi langkah signifikan bagi Hyundai N Brand untuk memasuki tahap baru dalam perkembangan mobilitas, dengan tetap mempertahankan karakteristik high performance sambil mengintegrasikan teknologi listrik yang canggih guna mendukung masa depan dari high-performance EV. (mad/hdl)