Jakarta (pilar.id) – Hyundai Motors Indonesia (HMID) bersiap menyambut tahun 2024 dengan penuh semangat, melanjutkan tren positif dari tahun sebelumnya sebagai bentuk penghargaan atas kepercayaan pelanggan.
HMID berkomitmen untuk terus berinovasi, baik dalam produk maupun layanan purnajual. Salah satu inisiatif utama mereka adalah merilis lima model mobil baru, termasuk kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE) dan kendaraan listrik (EV).
Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya kepada Hyundai, yang telah membuat penjualan kami terus meningkat dari tahun 2020 hingga 2023,” ungkap Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha.
Cha menambahkan, “Di tahun 2024 ini, kami bertekad untuk terus memberikan pengalaman berkendara terbaik bagi pengguna dengan menghadirkan lebih banyak inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.”
Sejak berdiri pada tahun 2020, penjualan HMID terus meningkat setiap tahunnya. Dengan 8 jenis kendaraan di segmen EV, SUV, dan MPV, HMID mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 18 persen secara year-on-year pada 2023 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ini menunjukkan komitmen Hyundai dalam memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Dari penjualan total pada 2023, lima produk paling diminati adalah STARGAZER termasuk STARGAZER X, CRETA, IONIQ 5, dan PALISADE. Jakarta, Tangerang, Depok, Surabaya, dan Bandung mencatatkan penjualan tertinggi.
Sebagai pionir elektrifikasi di Indonesia, Hyundai meningkatkan kapasitas produksi IONIQ 5 menjadi 1.000 unit per bulan pada 2023. Mereka juga aktif dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik dan berpartisipasi dalam acara kenegaraan seperti ASEAN Summit 2023 dan FIFA U-17 World Cup.
Hyundai akan terus mengembangkan ekosistem EV dari hulu ke hilir di Indonesia pada tahun 2024. Fasilitas perakitan HMMI akan meningkatkan kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit per tahun, sementara pabrik baterai akan memproduksi 10 GWh sel baterai per tahun.
Di sisi distribusi, HMID akan memperluas jaringan stasiun pengisian daya di seluruh Indonesia pada tahun 2024. Mereka juga berencana membuka lebih banyak dealer dengan target 145 dealer di tahun yang sama.
Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, Hyundai akan hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari mendatang. Mereka akan memperkenalkan dua produk terbaru dan program inovatif, menegaskan posisinya sebagai inovator dan pemimpin dalam elektrifikasi kendaraan.
“Kami yakin tahun 2024 akan menjadi momen penting bagi Hyundai untuk memperkuat perannya sebagai inovator di industri otomotif Indonesia dengan lebih banyak inovasi dan solusi yang berorientasi pada konsumen,” tutup Cha. (ret/hdl)