Jakarta (pilar.id) – Commercial Care dapat dijangkau oleh seluruh mitra usaha AP II, badan usaha dan masyarakat umum untuk mengetahui informasi mengenai peluang usaha di bandara AP II, pelayanan komersial, dan berbagai aktivitas komersial lainnya.
PT Angkasa Pura II (Persero) terus memperkuat tata kelola komersial guna mendukung strategi akselerasi
pemulihan bisnis yang dijalankan tahun ini. “Bisnis AP II semakin luas, khususnya bisnis non-aeronautika. Pada tahun ini kami juga berupaya mengakselerasi pemulihan bisnis,” jelas President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu (23/2/2022).
Dijelaskan Awaluddin, AP II telah meluncurkan unit Commercial Care yang khusus memberikan pelayanan dan informasi terkait aktivitas komersial di seluruh bandara perseroan termasuk anak usaha. Layanan Commercial Care tersedia melalui Whatsapp di nomor 0811884138 dan Instagram di @commercialcareap2.
“Sudah saatnya AP II memiliki saluran atau channel khusus yang memberikan informasi atau keluhan terkait aspek komersial guna menjaga standar dan memastikan pengembangan bisnis tetap memperhatikan berbagai masukan,” katanya.
Seperti diketahui bisnis AP II antara lain berasal dari bisnis inti (core business) yaitu bisnis non-aeronautika dan bisnis aeronautika. Bisnis non-aeronautika dikontribusikan dari area komersial, ruang iklan, angkutan kargo, serta bisnis anak usaha yaitu PT Angkasa Pura Solusi, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Angkasa Pura Properti dan PT Angkasa Pura Kargo.
Sementara itu bisnis aeronautika berasal dari PJP2U (Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara) atau disebut juga dengan PSC (Passenger Service Charge), dan PJP4U (Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara). “Commercial Care akan menjadi pintu resmi informasi berbagai aspek komersial di lingkungan AP II, serta menjembatani komunikasi antara mitra usaha dengan AP II. Semakin luasnya portofolio bisnis AP II akan didukung penuh Commercial Care,” tutur Muhammad Awaluddin.
Menurutnya, AP II sendiri juga telah memiliki layanan Customer Care sebagai pusat informasi dan layanan kepada para pengguna jasa atau penumpang pesawat di seluruh bandara.
Sementara itu, Director of Commercial AP II Ghamal Peris Aulia mengatakan bahwa Commercial Care dapat mengoptimalisasi pendapatan. “Menurut kami, Commercial Care yang dapat dijangkau mudah melalui Whatsapp ini juga merupakan saluran yang tepat dalam menjembatani AP II dengan ribuan mitra usaha komersial,” tutur Ghamal.
Ditambhkannya, mitra komersial dan masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai program dan kegiatan divisi komersial mulai dari cara menjadi mitra hingga mekanisme mengikuti pengadaan melalui Commercial Care. Selain itu, unit ini pun bisa menerima dan menindaklanjuti keluhan dan saran terkait kegiatan komersial.
Ia berharap, mitra komersial dan masyarakat tidak ragu untuk menanyakan kegiatan dan program usaha yang dikelola divisi komersial, serta dapat menyampaikan keluhan dan saran terkait aktivitas komersial dengan layanan maupun integritas. “Kami juga berharap Commercial Care dapat memperkuat penerapan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) di lingkungan AP II,“ tutup Ghamal Peris Aulia.(din/Antara)